Breaking News:

Berita Banda Aceh

Lama Menghilang, Kini Kasus Dugaan Korupsi Tsunami Cup 2017 Sedang Diaudit  BPKP Aceh

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh saat ini akan melakulan audit kerugian negara kasus dugaan pidana korupsi....

For Serambinews.com
Kepala BPKP Perwakilan Aceh, Indra Khaira Jaya. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP Aceh saat ini akan melakulan audit kerugian negara kasus dugaan pidana korupsi penyelenggara Aceh World Solidarity atau Tsunami Cup Tahun 2017 yang sebelumnya sempat mangkrak. 

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya mengungkapkan penyidik Kejari Banda Aceh sudah menyerahkan berkas perkara ke pihaknya pada akhir Maret 2021. 

"Tapi kami belum menerbitkan surat tugas, dokumen dari penyidik masih kita telaah," kata Indra kepada Serambinews.com, Selasa (20/4/2021).

Indra menjelaskan bahwa penyidik Kejari Banda Aceh sudah melakukan ekspos kepada pihaknya. Hasilnya bisa dilakukan audit kerugian negara atas kasus tersebut. “Cuma terkait nilainya berapa, belum bisa kami sampaikan,” ungkap dia.

Kasus ini sebenarnya sudah ditangani oleh Kejari Banda Aceh sejak tahun 2018 silam. Bahkan penyidik sudah memeriksa panitia penyelenggara turnamen bertaraf internasional tersebut. Tapi setelah itu tidak ada lagi kabar. 

Pada pertengahan Januari 2021 ini, kasus itu kembali mencuat dna baru-baru ini terdengar kabar akan dilakukan audit kerugian negara oleh BPKP Aceh. Untuk kasus ini belum ada penetapan tersangka.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Aceh menggelar turnamen sepakbola bertaraf internasional ‘Aceh World Solidarity Cup’ yang dipusatkan di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada 2-6 Desember 2017.

Kegiatan itu diikuti empat negara yaitu Indonesia, Kyrgyztan, Mongolia dan Brunei Darussalam. Acara yang menghabiskan anggaran Rp 2,5 miliar dari APBA 2017 itu dilaunching Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dengan tujuan untuk mengembalikan prestasi sepakbola Aceh.(*)

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Kodim 0119/Bener Meriah Bagi-bagi Masker Gratis untuk Warga

Baca juga: Ini Fakta Baru Kasus Ayah Cabuli Anak Kandung di Aceh Jaya

Baca juga: Instruksi Mendagri, Aceh Masuk Prioritas Perluasan PPKM Mikro

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved