Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Warga Keluhkan Jalan Tapaktuan-Blangpidie Berlumpur dan Berdebu

pengendara jalan mengeluhkan jalan Tapaktuan-Banda Aceh tepatnya di kawasan Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang berlumpur

SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Kondisi jalan Negara lintasan Tapaktuan-Blangpidie, tepatnya di kawasan Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipenuhi lumpur licin dan berdebu, sejak beberapa hari terakhir, imbas pengerjaan proyek di kawasan tersebut, Rabu (21/4/2021). 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBIEWS.COM,BLANGPIDIE - Sejumlah pengendara jalan mengeluhkan jalan Tapaktuan-Blangpidie tepatnya di kawasan Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang berlumpur dan berdebu.

Lumpur tanah kuning kawasan Gampong Lhang itu, akibat tumpahan dari mobil pengangkut tanah timbunan pematangan lahan untuk salah satu proyek pihak swasta.

Selain tak sedap dipandang mata, akibat tumpahan tanah lebih kurang 500 meter itu, juga membahayakan para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat yang melintasi jalan nasional tersebut.

Baca juga: Dewan Pers Kembali Lakukan Uji Kompetensi Wartawan di 34 Provinsi

“Ini akibat lintasan truk proyek, jadinya jalan berlumpur dan sangat licin. Untuk itu, pengendara harus ekstra hati-hati, saat melintas di sini, maut taruhannya,” ujar salah seorang pengendara, Safrizal.

Pengendara sepeda motor yang melintas, harus berhati-hati dan berhenti, mengenderai kenderaannya setiba di lokasi. 

Demikian juga dengan kenderaan roda empat. Para pengendara tidak ada yang berani mengambil resiko tancap gas di lokasi jalan berlumpur itu.

Semuanya terlihat mengendarai kenderaannya dengan sangat pelan. 

Baca juga: Mahfud MD Lapor Presiden dan Segera Keluarkan Keputusan Tentang Pilkada Aceh

Untuk itu, ia meminta dinas perhubungan bisa menegur pihak terkait, agar membersihkan jalan tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa akibat lumpur tersebut.

“Ini penting, sebelum ada korban jiwa,” pungkasnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Abdya, Nazaruddin MM saat dikonfirmasi mengaku akan turun ke lokasi, dan memeriksa kelengkapan dan surat KIR, mobil yang mengangkut material tersebut.

“Karena tugas kita, hanya sebatas itu, kami memeriksa apakah tumpahan lumpur itu akibat melebihi muatan atau ada kelalaian,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Abdya, Nazaruddin MM.

Kalau ada kelalaian, Nazar akan melakukan koordinasi dengan pihak Satlantas Polres untuk menegur atau menilang pemilik mobil angkutan.

“Namun, kita mengimbau sopir yang mengangkut material, agar memakai terpal dan penutup, sehingga material tidak tumpah ke badan jalan,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Ngaku Udah Main 2X Lebih Sebelum Imsak, Pasangan Haram Ini Dimandikan Dengan Air Comberan

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved