Breaking News:

Amal Unggulan Yang Menuntun Masuk Surga

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengajak warga untuk memiliki amal unggulan dari setiap amalan yang dilakukan

FOR SERAMBINEWS.COM

BANDA ACEH - Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengajak warga untuk memiliki amal unggulan dari setiap amalan yang dilakukan. Amalan unggulan merupakan amal yang rutin dikerjakan secara istiqamah. “Sebelumnya tentu kita harus menuntaskan amalan wajib terlebih dahulu.

Kemudian diikuti dengan ibadah nafi lah (sunat) yang dijalankan secara kontinu dan istiqamah, sehingga bisa menuntun kita masuk surga, itulah amalan unggulan,” kata Farid saat mengisi ceramah tarawih di Masjid Sabilil Jannah, Gampong Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Jumat (24/4/2021).

Dalam ceramahnya, Farid menyampaikan kisah dari Anas bin Malik ra tentang seorang laki-laki yang dikatakan oleh Rasulullah Saw sebagai penghuni surga, sehingga membuat sahabat Abdullah bin Amr bin ‘Ash penasaran terhadap amal yang dikerjakan lelaki tersebut.

Rasa penasaran Abdullah semakin bertambah karena Rasulullah Saw mengulangi pernyataannya bahwa lelaki tersebut sebagai penghuni surga hingga tiga kali, “akan datang di antara kita seorang penghuni surga”. Sangking penasarannya, Abdullah mengikuti dan memata-matai pria tersebut sampai ke rumahnya untuk mengetahui amal yang dia kerjakan.

Ternyata lelaki tersebut memiliki kebiasaan memaafkan kesalahan orang lain terhadap dirinya, tidak ada rasa hasad, dengki, dan iri, serta membersihkan hati sebelum tidur. “Itulah amal unggulan yang membuat dirinya dikatakan oleh Nabi sebagai penghuni surga,” kata Farid.

Ada juga sahabat Bilal bin Rabbah ra yang tak pernah putus wudhu’ sehingga bunyi terompahnya terdengar di surga, atau Abu Bakar Ash-Shiddiq yang gemar menginfaqkan harta, serta beberapa contoh amal unggulan para sahabat nabi lainnya.

Dari kisah di atas, Farid Nyak Umar yang juga Ketua DPD PKS Banda Aceh ini mengajak para jamaah untuk memiliki amal unggulan terbaik. Sebab kisah-kisah para sahabat nabi tersebut bukan hanya untuk dikagumi, tapi dapat mendorong umat berikhtiar meneladaninya semaksimal mungkin dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti sedekah yang bisa menolak bala, istighfar bisa mendatangkan rizki, silaturrahim bisa mampu memperpanjang umur, dan puasa yang dapat menjadi perisai. Semoga kita bisa memiliki amal unggulan sebagai bekal menghadap Allah. Meski kecil tapi rutin kita kerjakan,” tutup Farid.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved