Breaking News:

Dana Desa

Tersisa Satu Gampong Lagi di Banda Aceh yang belum Usulkan Pencairan Dana Desa Tahap I

Satu Gampong itu adalah Gampong Penyerat, Kecamatan Banda Raya. Sementara untuk usulan pencairan tahap II sebesar 40 persen lagi, sudah ada 24 gampong

Foto kiriman DPMG Kota Banda Aceh
Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman, SE,AK, dan Kadis DPMG Kota Banda Aceh, Dwiputrasyah, sedang memberikan bimbingan dan pengarahan di sebuah pertemuan terkait dana desa. 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Banda Aceh, Dwiputrasyah mengatakan sampai 25 April 2021, untuk pencairan dana desa tahap I sebesar 40 persen, di Kota Banda Aceh tinggal satu gampong lagi, yang belum mengusulkan usulan pencairan dana desa tahap I.

“Satu Gampong itu adalah Gampong Penyerat, Kecamatan Banda Raya. Sementara untuk usulan pencairan tahap II sebesar 40 persen lagi, sudah ada 24 gampong yang akan mengusulkan dan mengantar bahan usulannya ke DPMG Kota pada hari Senin (26/4), “ kata Dwiputrasyah kepada Serambinews.com, Minggu (25/4) di Banda Aceh.

Dwiputrasyah mengatakan, Gampong Penyerat sampai kini belum mengajukan usulan pencairan dana desa tahap I.

"Menurut info yang kita dengar dari camat Bandar Raya, gampong tersebut sedang membuat APBG 2021," ujarnya.

Dwiputrasyah berharap setelah mereka menyelesaikan penyusunan APBG 2021, Kepala Gampong bersama Tuha Peut bisa mengusulkan pencairan dana desa tahap I nya sebesar 40 persen, untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakata gampongnya.

“Misalnya untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bagi penduduk miskin, atau untuk kegiatan padat karya bagun Masjid, pemulihan ekonomi bagi UMKM yang masih terdampak pandemi covid di gampong dan lainnya,” ujar Dwiputrasyah.

Dwiputrasyah mengatakan, di Kota Banda Aceh sebanyak 89 gampong yang sudah mengusulkan dan mencairan dana desa tahap I sebesar 40 persen.

Ada beberapa program yang dibuat antra lain penanganan stunting, atau orang pendek, penyaluran dana BLT, kegiatan padata karya pembangunan infrastruktur desa, pemulihan ekonomi untuk UMKM di gampomg yang masih terdampak pandemi covid dan lainnya.

Kisah Inspiratif! Anak Penjual Ikan Teri Ini Lulus Jadi Prajurit TNI, Sukses Tepis Pesimisme Ayahnya

TNI Gadungan Ditembak, Pelaku Rudapaksa Wanita 51 Tahun, Diancam Dibunuh bila Tak Berikan Rp 50 Juta

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakata Desa DPMG Aceh, Zul Husni yang dimintai penjelasannya mengatakan, sampai posisi 24 April 2021, jumlah gampong di Aceh yang telah mencairkan dana desa tahap I nya sebanyak 4.162 gampong dari 6.497 gampong atau baru sebesar 63,75 persen.

Halaman
123
Penulis: Herianto
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved