Breaking News:

Internasional

Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Sebelum Masa Firaun

Arkeolog Mesir yang bekerja di Delta Nil telah menemukan lusinan makam kuno langka yang berasal dari periode sebelum kerajaan Firaun Mesir.

AFP
Pemakaman kuno sebelum era Firaun ditemukan di MEsir. 

SERAMBINEWS.COM, KAIRO - Arkeolog Mesir yang bekerja di Delta Nil telah menemukan lusinan makam kuno langka yang berasal dari periode sebelum kerajaan Firaun.

Pertama kali muncul lebih dari 5.000 tahun lalu.

Dilansir Reuters, Rabu (28/4/2021), mereka juga menemukan makam di dekatnya dari periode Hyksos, 1650 hingga 1500 SM (Sebelum Masehi)

Ketika para migran Asia Barat mengambil alih negara itu, mengakhiri Kerajaan Tengah Mesir.

Penemuan di Provinsi Dakahlia utara Kairo dapat menjelaskan dua periode transisi penting di Mesir kuno, kata ahli Mesir Kuno.

Baca juga: Arkeolog Temukan Mumi berusia 2.000 Tahun Dengan Lidah Emas di Mesir

Makam tersebut termasuk 68 dari periode Buto yang dimulai sekitar 3300 SM dan lima dari periode Naqada III.

Tepat sebelum munculnya dinasti pertama Mesir sekitar 3100 SM, menurut pernyataan dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala.

Mereka juga memasukkan 37 makam dari zaman Hyksos, yang pertama kali mulai bermigrasi melintasi Sinai ke Mesir sekitar 1800 SM.

“Ini adalah pemakaman yang sangat menarik karena menggabungkan beberapa periode paling awal dari sejarah Mesir dengan era penting lainnya, Hyksos, ” kata Salima Ikram, seorang Egyptologist di American University di Kairo.

"Ahli Mesir bekerja untuk memahami bagaimana orang Mesir dan Hyksos hidup bersama dan sejauh mana orang Hyksos mengambil tradisi Mesir," tambahnya.

Baca juga: Penelitian Arkeologi: Nenek Moyang Suku Gayo Bermigrasi dari Cina Selatan pada Zaman Prasejarah

Halaman
12
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved