Breaking News:

Internasional

Rekaman Bocor ke Publik, Menteri Luar Negeri Iran Bantah Mencalonkan Diri Sebagai Capres

Menteri Luar Negeri Iran, Rabu (28/4/2021) menyatakan penyesalannya atas rekaman dirinya bocor tentang batas kekuasaannya di Republik Islam.

AFP
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif 

SERAMBINEWS.COM, TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran, Rabu (28/4/2021) menyatakan penyesalannya atas rekaman dirinya bocor tentang batas kekuasaannya di Republik Islam.

Presiden Iran, Hassan Rouhani menggambarkan insiden itu sebagai sarana untuk menggagalkan pembicaraan yang sedang berlangsung dengan kekuatan dunia atas Teheran di Wina.

Memposting ke akun Instagram-nya, Mohammad Javad Zarif memberikan komentar publik pertamanya tentang rekaman tersebut.

Dilansir AFP, hal itu telah menyebabkan badai politik di seluruh Iran menjelang pemilihan presiden 18 Juni 2021 mendatang.

Baca juga: Badan Intelijen Jerman Sebut Iran Sedang Berusaha Memproduksi Senjata Pemusnah Massal

Zarif mengatakan dia tidak ingin mencalonkan diri dalam pemilihan, beberapa orang menyarankan dia sebagai kandidat potensial untuk melawan kelompok garis keras dalam pemungutan suara.

Unggahan Zarif termasuk video dirinya di sebuah peringatan di Baghdad untuk Jenderal Qassem Soleimani, seorang komandan tertinggi di Pengawal Revolusi paramiliter Iran.

Pernyataan Zarif yang bocor termasuk pemotongan referensi ke batas kekuasaannya dan keputusan Soleimani yang mengesampingkan prioritasnya di Kementerian Luar Negeri.

"Saya sangat menyesal bagaimana rahasia, diskusi teoritis tentang perlunya meningkatkan kerja sama antara diplomasi dan lapangan (Garda) - agar pejabat berikutnya dapat menggunakan pengalaman berharga delapan tahun terakhir - menjadi konflik internal," tulis Zarif.

Baca juga: Utusan AS untuk Iran Bahas Keamanan Regional dengan Negara Teluk, Ancaman Nuklir Iran Makin Tinggi

Namun, diplomat top itu berhenti meminta maaf atas ucapannya secara langsung.

Dia mengatakan komentar yang jujur dan penuh kasih tentang apa yang dia anggap salah ditafsirkan sebagai kritik pribadi.

Halaman
12
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved