Breaking News:

Wisata Pemandian Air Dingin, Surganya Desa Asantola

Wisata pemandian air dingin yang terletak Desa Asantola, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, menjadi salah satu tempat wahana

Wisata Pemandian Air Dingin, Surganya Desa Asantola
FOR SERAMBINEWS.COM
NENDISYAH PUTRA, Pegawai UPTD SPF SMP N 2 Pulau Banyak Barat, melaporkan dari Desa Asantola, Aceh Singkil

OLEH NENDISYAH PUTRA, Pegawai UPTD SPF SMP N 2 Pulau Banyak Barat, melaporkan dari Desa Asantola, Aceh Singkil

Wisata pemandian air dingin yang terletak Desa Asantola, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, menjadi salah satu tempat wahana pemandian untuk liburan sembari menikmati keindahan alam sekitarnya. Objek wisata tersebut sudah menjadi tempat persinggahan para pendatang maupun tamu lokal, khususnya kawula muda yang hendak membersihkan diri dan menikmati kesejukan airnya yang dingin.

Keindahan alam yang elok dan asri itu membuat daya tarik bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat ini, bukan hanya karena airnya yang dingin, melainkan juga karena pemandangan pulau-pulau di sekitarnya yang memesona.

Tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tempat santai bersama keluarga. Selain airnya sejuk, alamnya indah, juga banyak ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Wahana pemandian ini juga dikelilingi gunung-gunung. Udara yang segar dapat dinikmati sepanjang waktu di sini.

Di lokasi ini juga terdapat kolam yang panjang lagi luas, membuat para pengunjung leluasa untuk berenang, Airnya yang biru dan tawar tak pernah kering meskipun pada musim kemarau  karena mata airnya sangat banyak.

Objek pemandian air dingin menyediakan tempat duduk yang dirangkai menggunakan bambu. Rotan juga dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, baik untuk tempat duduk maupun untuk berbaring. Di wahana air dingin ini juga tersedia kantin terbuat dari kayu dengan lantainya menggunakan paving block. Di sekelilingnya tumbuh pohon pinang yang ditanam berbaris rapi.

Pengunjung datang kemari bukan hanya untuk menikmati pesona air yang dingin, melainkan juga dapat menghirup udara segar yang jarang ditemukan di kota-kota. Udara yang alami itu membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Suasana semakin menyenangkan karena burung-burung berkicau di sekitaran gunung. Serasa kita berteman dengan mereka.

Lokasi wisata pemandian air dingin tidaklah jauh dari permukiman masyarakat setempat, hanya sekitar 3 kilometer atau sekitar 30 menit berjalan kaki melewati lereng Gunung Tiusa, bisa juga menggunakan speed boat atau perahu  hanya 15 menit waktu tempuhnya. Perjalanannya menyenangkan karena sambil menikmati ikan-ikan laut yang lagi berenang di laut biru.

Objek wisata air dingin ini dikelola oleh badan usaha milik desa (Bumdes) Asantola Bangikt. Tujuannya untuk mewujudkan objek wisata yang religi, tidak terlepas dari peran para generasi Asantola Maju dalam berkontribusi, baik ide maupun tenaga untuk mewujudkan destinasi wisata yang dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia dan mancanegara.

Pemanfaatan lahan tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah mengaruniakan perhiasan dunia ini untuk kita lestarikan sebagaimana baiknya. Itulah sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap Sang Pencipta.

Halaman
12
Editor: bakri
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved