Breaking News:

Berita Langsa

Kantor Kementerian Agama Langsa Tetapkan Zakat Fitrah 1442 Hijriah 2,8 Kg per Jiwa

Kantor Kementrian Agama (Kankemnag) Kota Langsa menetapkan zakat fitrah di Kota Langsa sebesar 2,8 kg beras per jiwa (setiap satu orang)....

For Serambinews.com
Kepala Kemenag Kota Langsa, Drs H Hasanuddin MH. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kantor Kementrian Agama atau Kankemnag Kota Langsa menetapkan zakat fitrah di Kota Langsa sebesar 2,8 kg beras per jiwa (setiap satu orang).

Zakar fitrah yang wajib dikeluarkan kaum muslimin ini ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama Kemenag Kota Langsa dan Pemko Langs serta lintas sektoral setempat.

"Keputusan ini dituangkan dalam surat No. B-1283/Kk.01.21/BA.03.2/04/2021 tertanggal 28 April 2021," ujar Kepala Kemenag Kota Langsa, Drs H Hasanuddin MH, Sabtu (1/5/2021),

Sebelumnya, kata Hasanuddin, pihak Kanmenag telah melakukan rapat bersama terkait penetapan zakat fitrah 1442 Hijriah ini bersama MPU, DSI, MAA, Baitul Mal, Koperindagkop dan Badan Keistimewaan Aceh, Kesra Setdako Langsa.

Dalam rapat lintas sektoral itu akhirnya diambil sikap atau ketentuan perhitungan zakat fitrah yang wajib dikeluarkan kaum muslimin di wilayah Kota Langsa.

Penetapan besaran zakat fitrah tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi juga berpedoman kepada hasil fatwa MPU Provinsi Aceh Nomor : 13 Tahun 2014 Tanggal 16 Oktober 2014 tentang Zakat Fitrah, dan ketentuan-ketentuannya.

Dijelaskannya, pada poin satu, pendapat Jumhur ulama, zakat fitrah adalah kadar harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada akhir Ramadhan.

Kadar zakat fitrah yang dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok (beras) adalah 1 sha' atau 1,5 bambu (10 muk kaleng susu bendera) atau 2,8 kg per jiwa.

Poin kedua, pendapat Mazhab Hanafi, zakat fitrah dapat dikeluarkan dalam bentuk harga (uang) dari kurma kering, gandum sya'ir, anggur kering dan gandum bur adalah seharga 3,8 kg per jiwa.

Halaman
12
Penulis: Zubir
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved