Breaking News:

Berita Bisnis

Masuk Masa Panen Raya, Aceh Alami Surplus Gabah Sebanyak 392.503 Ton, Harga Beras Cenderung Turun

Surplus gabah yang dialami pada bulan Mei 2021 itu, ungkap Safrizal, sedikit memberi dampak terhadap turunnya harga gabah dan beras di pasar.

Penulis: Herianto | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Stok beras di salah toko di Pasar Aceh, Minggu (14/2/2021). 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh memperkirakan, produksi padi di Aceh pada Januari hingga Mei 2021, sudah mencapai angka 675.799 ton.

Jumlah produksi tersebut berasal dari areal sasaran tanamnya sekitar 107.337 hektare, dengan perkiraan rata-rata produktivitas gabah 6,2 ton/hektare.

“Jika besaran konsumsi beras untuk rumah tangga dan non-rumah tangga sekitar 283.503 ton dalam lima bulan berjalan ini. Maka Aceh akan mengalami surplus gabah sekitar 392.296 ton,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir Cut Huzaimah melalui Kabid Produksi, Syafrizal kepada Serambinews.com, Senin (3/5/2021), di Banda Aceh.

Surplus gabah yang dialami pada bulan Mei 2021 itu, ungkap Safrizal, sedikit memberi dampak terhadap turunnya harga gabah dan beras di pasar.

Pasalnya, para pengusaha kilang padi dalam masa pandemi Covid-19 dan juga bulan puasa, belum banyak yang turun ke Aceh untuk membeli padi petani.

Baca juga: Lucinta Luna Mengaku Sedang Hamil Hasil Hubungan dengan Pria Bule, Minta Dikawal Hingga Persalinan

Baca juga: Ikatan Cinta: Al Sadar dari Koma, Elsa Panik Rahasianya Terbongkar, Status Reyna Terungkap

Baca juga: Bupati Bener Meriah Pimpin Rakor Penanganan Covid-19 Pra Lebaran dan Pasca Lebaran Idul Fitri

Penurunan harga gabah dan beras petani, lanjut Safrizal, juga dipengaruhi kondisi Sumut yang juga sedang mengalami panen raya.

“Harga gabah kering panen petani di sana juga sedang turun antara Rp 4.200–Rp 4.000/Kg, sedikit di bawah harga penetapan pemerintah Rp 4.250/Kg,” jelasnya.

Pada musim panen padi tahun lalu, ungkap Safrizal, harga gabah kering panen petani di Aceh masih berkisar antara Rp 4.300–Rp 4.700/Kg.

Harga gabah turun, ulas Safrizal, juga dampak dari suasana pandemi Covid-19 dan bulan puasa.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved