Breaking News:

Dana Sertifikasi

Disdik Aceh Salurkan Dana Sertifikasi Rp 70 Miliar untuk 6.013 Guru SMA

Muksal mengungkapkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Kemendikbud, ada 2.670 orang guru di Aceh, yang sudah memiliki sertifikat pendidikan, namun

For Serambinews.com
Kadisdik Aceh, Drs Alhudri MM 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Dinas Pendidikan Aceh menepati janjinya, menyalurkan dana sertifikasi guru SMA, SMK dan SLB tahap I (Januari, Februari dan Maret) 2021 senilai Rp 70 miliar untuk 6.013 orang guru SMK, SMK dan SLB yang SK penetapan penyaluran dana sertifkasinya dari Kemendikbud sudah terbit.

“Insya Allah, pada minggu ini, jika tidak ada gangguan penyalurannya di bank, dana sertifikasi guru untuk tahap I itu, sudah masuk ke buku tabungan atau nomor rekening masing-masing penerimanya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Al Hudri MM, melalui Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikannya, Muksal kepada Serambinews.com, Selasa (4/5) di Banda Aceh.

Muksal mengatakan, untuk penyaluran tahap II ( April, Mei dan Juni) 2021, pihaknya juga telah menerima SK pembayaran dari Kemendikbud, baru untuk 344 orang saja.

“Untuk tahap II yang SK penetapan pembayarannya sudah ke luar dari Kemendikbud, jika dananya sudah ditransfer pusat ke Disdik Aceh, kita juga akan salurkan dalam waktu dekat ini,”ujar Muksal.

Muksal mengungkapkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Kemendikbud, ada 2.670 orang guru di Aceh, yang sudah memiliki sertifikat pendidikan, namun SK penetapan pembayaran dana sertifikasinya belum ke luar.

Faktor penyebanya, sebut Muksal, antara lain jumlah minimal jam mengajarnya 24 jam/minggu, belum terpenuhi.

Kemudian, guru-guru yang mengajar pada sekolah yang memiliki rombongan belajar sedikit, belum diverifikasi oleh Kemendikbud.

Pada tahun 2021 ini, sebut Muksal, berdasarkan Perpres Nomor 75 tahun 2019 atas perubahan Perpres Nomor 82 tahun 2018 dan Permendagri Nomor 70 tahun 202, pemerintah melakukan pemotongan dana tunjangan sertifikasi guru sebesar 1 persen untuk iuran BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Drs Al Hudri MM , sangat mengharapkan para guru dapat dengan bijak membelanjakan dana tunjangan sertifikasinya tersebut.

Halaman
12
Penulis: Herianto
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved