Breaking News:

Internasional

Iran Siap Bebaskan Empat Warga AS, Barter dengan Empat Warganya, AS Menolak

Pemerintah Iran siap membebaskan empat warga AS yang ditahan di penjara, jika AS juga pembebasan warga negaranya dengan jumlah yang sama.

Editor: M Nur Pakar

SERAMBINEWS.COM, DUBAI - Pemerintah Iran siap membebaskan empat warga AS yang ditahan di penjara, jika AS juga pembebasan warga negaranya dengan jumlah yang sama.

Tetapi, Iran juga mensyaratkan pembekuan dananya di AS sebesar 7 miliar dolar AS harus dicairkan.

Teheran menegaskan membebaskan empat orang Amerika Serikat yang dituduh melakukan mata-mata.

Namun pemerintah AS membantah pertukaran sedang dalam pembahasan

TV pemerintah, mengutip seorang pejabat Iran, juga mengatakan warga negara Inggris-Iran Nazanin Zaghari-Ratcliffe akan dibebaskan setelah Inggris melunasi hutang peralatan militer kepada Teheran.

Seorang pejabat Kantor Luar Negeri Inggris mengecilkan laporan itu.

Iran dan kekuatan dunia sedang mengadakan pembicaraan untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015 yang ditinggalkan Washington tiga tahun lalu.

Baca juga: Pemerintah Yaman Minta Iran Mendukung Perdamaian, Hentikan Pasokan Senjata ke Milisi Houthi

Para pejabat Iran kepada Reuters mengatakan kesepakatan sementara bisa menjadi cara mendapatkan waktu penyelesaian abadi yang melibatkan pencairan dana Iran yang diblokir AS.

"Presiden Joe Biden setuju membebaskan empat tahanan Iran yang dipenjara karena melanggar sanksi AS dengan imbalan empat mata-mata' Amerika," kata laporan TV pemerintah Iran pada Minggu (2/5/2021).

“Pelepasan Nazanin Zaghari dengan imbalan pembayaran utang Inggris sebesar 400 juta pound ke Iran juga telah diselesaikan," tambahnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved