Breaking News:

Berita Banda Aceh

17 Napi Rutan Banda Aceh Berlebaran dengan Keluarga, Kepala Rutan Tekankan WBP Tetap Ikuti Ketentuan

Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang tinggal menghitung hari ke depan, tampaknya memberi berkah dan kebahagiaan bagi 17 narapidana (napi) Rutan...

For Serambinews.com
Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas II B Banda Aceh, menunjukkan surat asimilasi, Rabu (5/5/2021). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang tinggal menghitung hari ke depan, tampaknya memberi berkah dan kebahagiaan bagi 17 narapidana (napi) Rutan Kelas IIB Banda Aceh. Pasalnya, mulai hari ini, Rabu (5/5/2021) sebanyak 17 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Banda Aceh tersebut dapat merayakan lebaran idul fitri bersama keluarga dan menikmati sedikit udara segar.

Meski demikian 17 napi tersebut diminta tetap patuh dan mengikuti ketentuan yang berlaku selama menjalani asimilasi pembebasan besryarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB) dan Cuti Bersyarat (CB).

Tidak melarikan diri dan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum serta tidak akan bepergian keluar rumah selama menjalani asimilasi PB, CMB dan CB dan akan melaksanakan isolasi mandiri. Hal lainnya yang ditekankan menyadari dan menyesali sepenuhnya perbuatan yang dilakukan dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar hukum.

Kemudian segala bentuk proses pengusulan asimilasi baik administratif maupun substantif tidak dipungut biaya. Terakhir apabila di kemudian hari napi yang bersangkutan membuat pidana baru, maka napi yang tertera namanya di surat pernyataan dan ditandatangani masing-masing napi itu bersedia tidak diusulkan lagi hak-hak integrasi seperti asimilasi PB, CMB dan CB serta remisi.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Banda Aceh, Irhamuddin kepada Serambinews.com, Rabu (5/5/2021) mengatakan 17 napi yang menerima asimilasi tersebut merujuk pada surat keputusan Kemenkumham Aceh,  Nomor WI.PAS.13.PK.01.02-664 Tentang Penyerahan Narapidana Asimilasi Covid-19.

“Pemberian asimilasi bagi ke 17 napi Rutan Banda Aceh itu sehubungan dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor WI.PAS.13PK.04.03-661 tanggal 4 Mei 2021 Tentang Asimilasi Covid-19 Narapidana,” sebut Irhamuddin.

Seluruh napi tersebut sudah memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk mendapat asimilasi. Walau demikian, seluruh napi tersebut tetap diminta berada di rumah dan tidak bepergian selama menjalani asimilasi PB, CMB dan CB. 

“Kami harapkan, napi yang dinyatakan masuk program asimilasi itu tetap patuh dan mengikuti ketentuan yang berlaku, sebagaimana yang sudah ditandatangani di masing-masing surat pernyataan itu,” sebutnya.

Terakhir Karutan Kelas II B Banda Aceh, Irhamuddin menyampaikan selamat kepada napi yang masuk program asimilasi.”Selama menjalankan ibadah puasa bersama keluarga dan selama menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H,” pungkasnya.(*)

Baca juga: Tanah Longsor di Jalan Bireuen - Takengon Sudah Dibersihkan  

Baca juga: Mulai Besok, Tak Ada Penerbangan di Bandara Malikussaleh Aceh Utara

Baca juga: Shalat Ied di Masjid Agung At-Taqwa Kutacane Terapkan Protkes Covid-19, Khatib Ustadz Muliadi Imami

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved