Breaking News:

Berita Langsa

Gubernur Aceh Dukung Transformasi IAIN Langsa Menjadi UIN Zawiyah Cot Kala

Tranformasi IAIN menjadi UIN merupakan sebuah tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Foto Humas IAIN Langsa
Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah ST MT, saat menerima kunjungan Rektor IAIN Langsa, Dr. H. Basri, MA, dan rombongan, di Pendopo Gubernur Aceh. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Pemerintah Aceh melalui Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, ST, MT, menyatakan dukungan penuh transformasi kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menjadi Universitas Islam Negeri atau UIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Dukungan itu disampaikan Gubernur Aceh saat menerima kunjungan silaturahmi Rektor IAIN Langsa, Dr. H. Basri, MA, dan rombongan, di di Pendopo Gubernur Aceh, Kamis (6/5/2021) ini.

Seperti disampaikan Hunas IAIN Langsa melalui rilis dikirimkan kepada Serambinews.com, mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah mendukung transformasi kampus IAIN Langsa ini untuk menjadi UIN.

Apalagi, dikatakan Nova Iriansyah, kepada rombongan Rektor IAIN Langsa, apa yang sedang dijalankan kampus pendidikan Islam di wilayah Timur Aceh itu (IAIN Langsa) sangat relevan dengan program Aceh Carong.

Ini kita buktikan dalam bentuk kongkrit di BPSDM yaitu dengan disediakannya program beasiswa dan program bidang pendidikan lainnya," jelas Gubernur Aceh seperti Humas IAIN Langsa.

Nova Iriansyah menambahkan, terhadap support ke IAIN Langsa, selama tidak berbenturan dengan aturan yang ada, Pemerintah Aceh akan terus melakukannya demi kemajuan pendidikan di Aceh.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Forkopimda Aceh Timur Tinjau Posko PPKM

Baca juga: Dampak Larangan Mudik, Puluhan Penumpang Bus Tertahan di Perbatasan Aceh Tamiang

Baca juga: Dibuang Persita Tangerang, Pemain Asal Bireuen Zikri Akbar Dikontrak Persis Solo

Baca juga: 30 Mahasiwa Arab Saudi Ikuti Kompetisi Ilmiah Terbesar Dunia, ISEF 2021

Kemudian terkait dengan peningkatan akses mutu pendidikan, Gubernur meminta kepada pihak IAIN Langsa Ke depan agar dapat mengusulkan program-program pendidikan tersebut ke Pemerintah Aceh.

"Mudah-mudahan tidak ada aturan yang melarang tentang hal ini. Nati secara teknis Pak Rektor harus mengajukan permohonannya ke TAPA Pemerintah Aceh, lalu saya akan mendisposisikannya," ujarnya lagi.  

Sementara terkait dengan pengembangan lahan yang menjadi salah satu syarat untuk alih status menjadi UIN, Gubernur meminta jajaran Rektorat IAIN Langsa untuk melakukan Komunikasi intens dan penjajakan dengan pihak PTPN I Langsa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved