Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Guna Penetapan 1 Syawal 1442 H, Rukyah Hilal juga Dilakukan di Lhokseumawe, Ini Lokasi dan Jadwalnya

Kemenag Kota Lhokseumàwe, IAIN Lhokseumawe  dan  sejumlah unsur terkait dipastikan akan melakukam rukyah hilal dalam penetapam 1 Syawal 1442 H

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Muhammad Hadi
For Serambinews.com
Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is. 

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE -  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumàwe, IAIN Lhokseumawe  dan  sejumlah unsur terkait dipastikan akan melakukam rukyah hilal dalam penetapam 1 Syawal 1442 H tahun ini.

Rukyah hilal akan dilakukan pada Selasa (11/5/2021) sore, jelang digelarnya sidang Isbat oleh Kementerian Agama Ri di Jakarta.

Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah  IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is,  yang masuk dalam tim rukyah di Lhokseumawe, Jumat (7/5/2021), menjelaskan, lokasi rukyah akan berlangsung di Bukit Blang Tiron Komplek Perumaham PT Perta Arun Gas (PAG) Batuphat Lhokseumawe.

Baca juga: Ini Khatib dan Imam Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe Serta Tema Khutbah

Tim Rukyah berjumlah puluhan orang berasal dari  Kantor Kementerian Agama Lhokseumawe, MPU Lhokseumawe, Mahkamah  Syraiah Lhokseumawe, Dinas Syariat Islam dan Pemdidikan Dayah Lhokseumawe, tokoh agama, Kepala KUA Kecamatan, IAIN Lhokseumawe, tokoh agama, serta para santri dari Lhokseumawe dan Aceh Utara

Saat rukyat hilal, tim akan menggunakan Teleskop Loptron dan Theodolite.

"Pada Selasa nanti, tim sudah berada di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB untuk melakukan berbagai persiapan. Sedangkan pengamatan akan dilakukan saat terbenam matahari," paparnya

Pada bagian  lain, Tgk Ismail menjelaskan, penetapan 1 Syawal 1442 H atau hari raya Idul Fitri 1442 H  pastinya akan diumumkan oleh pemerintah secara resmi melalui sidang isbat yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Ramadhan 1442 H yang bertepatan pada hari Selasa 11 Mei 2021. 

Baca juga: Dilarang Mudik, Sopir Angkutan Kandangkan Mobil di Terminal

Namun dengan pendekatan ilmu falak, sudah bisa dipastikan bahwa hari raya Idul Fitri akan serentak di Indonesia pada hari Kamis 13 Mei 2021 dengan jumlah hari pada bulan Ramadhan, 30 hari. 

Hal ini dikarenakan pada saat Matahari terbenam hari Selasa 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved