Breaking News:

Berita Banda Aceh

Keluarga Besar BPKA Bantu Rumah Tipe 45 untuk Janda Miskin

Keluarga Besar Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) pada hari Sabtu (8/5) di Gampong Siron, Kecamatan Kuta Cot Glie menyerahkan satu unit....

For Serambinews.com
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Bustami Hamzah SE MSi. 

Laporan Jalimin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Keluarga Besar Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) pada hari Sabtu (8/5) di Gampong Siron, Kecamatan Kuta Cot Glie menyerahkan satu unit  rumah beton tipe 45 kepada seorang janda miskin Zuliza, beranak tiga, yang berstatus sebagai buruh tani.

“Sumber dana bantuan rumah ini, kita peroleh dari bantuan ikhlas pegawai BPKA,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), Bustami Hamzah kepada Serambinews.com, Sabtu (8/5/2021) usai menyerahkan bantuan rumah tersebut.

Bustami mengatakan, ide rencana program bantuan pembangunan rumah bagi kaum dhufa dan janda miskin ini, muncul dari sejumlah pegawai BPKA.

Para pegawai tersebut membuat kotak bantuan ikhlas untuk bangun rumah dhuafa pada tahun 2020. Pada akhir tahun 2020 lalu, nilai total bantuan ikhlas pegawai BPKA yang berjumlah sekitar 400 orang untuk seluruh Aceh itu sekitar Rp 100 juta lebih.

Uang hasil kumpulan bantuan ikhlas pegawai itu, dimanfaatkan untuk pembangunan rumah tipe 45 bagi seorang janda miskin Zuliza, beranak tiga yang sudah ditinggal sumainya 8 tahun lalu, karena meninggal dunia.

Zuliza, adalah seorang buruh tani, tinggal di Gampong Siron. Bersama tiga orang anaknya, satu laki dan dua perempuan, ia tinggal di sebuah rumah gubuk kecil ukuran 6 x 6 meter, dinding papan atap rumbia.

Kelaurga Besar BPKA memilih ibu Zuliza sebagai penerima bantuan rumah mereka, karena dinilai layak untuk menerima rumah tersebut. Rumah bantuan itu dibangun pada bulan Maret 2021, dalam waktu 40 hari, rumah itu selesai di bangun, dan pada tanggal 8 Mei 2021, diserahkan kepada janda miskin Zuliza, agara mereka bisa berlebaran di rumah bantuannya yang baru.

Kepada Serambi, Zuliza mengatakan, dirinya sangat terkejut dan terharu ketika bangunan rumah beton tipe 45 yang dibangun di dekat gubuk rumah lamanya itu, diserahkan Kepala BPKA Bustami Hamzah bersama istrinya Melani Subarni.

Zuliza meneteskan air mata, pada saat Bustami Hamzah bersama istrinya Melani Subarni, menyerahkan rumah tersebut kepadanya. Ia mengucapkan terima kasih banyak. Setelah penyerahan rumah bantuan bersma perangkat rumah tangga liannya, tempat tidur, lemari baju, meja bulat, kompor dan ambal.

Melani Subarni, istri Kepala BPKA Aceh, ikut menyerahkan bantuan kain sarung, mukena, jilbab kepada janda miskin Zuliza dan sejumlah penduduk Gampong Siron, Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar.

Sekretaris BPKA, Auliya Husni Putra dan Kabid Anggaran BPKA, Reza Tahntawi Ishak, Kabid Pendapatan Saumi Elfiza  mengatakan, program penyaluran bantuan rumah bagi kuam dhuafa dan janda miskin ini, akan  dilanjutkan untuk bulan puasa tahun depan. Kalau sekarang ini jumlahnya baru satu unit yang bisadibantu, ke depan bisa dua atau tiga unit, yang akan disalurkan.

Program bantuan rumah bagi kaum dhuafa dan janda miskin ini, kami lakukan, sebagai bentuk kepedulian Keluarga Besar BPKA bagi kaum dhuafa dan janda miskin yang sangat membutuhkan bantuan rumah layak huni untuk tempat tinggal mereka bersama keluarganya.(*) 

Baca juga: Jokowi Ajak Belanja Bipang Ambawang, Netizen Sorot Ternyata Babi Panggang, Ini Penjelasan Mendag

Baca juga: IPSM Santuni 20 Anak Yatim, Ini Kegiatannya

Baca juga: Usai Cek Pos Perbatasan Aceh - Sumut, Kapolda Aceh Singgah ke Mako Brimob Aramiah

Penulis: Herianto
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved