Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

DPRK Abdya Minta Disdukcapil Segera Perbaiki dan Beli Perangkat Percekatan e-KTP 

DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) meminta  Dinas Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Disdukcapil Abdya) segera memperbaiki dan membeli alat....

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Jalimin
hand over dokumen pribadi
Ketua DPRK Abdya, Nurdianto. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya 

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) meminta  Dinas Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Disdukcapil Abdya) segera memperbaiki dan membeli alat percetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), perangkat input data, pengajuan, dan verifikasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRK Abdya, Nurdianto merespon adanya perangkat input data milik Disdukcapil yang tidak layak pakai akibat termakan usia.

“Setahu saya, 2020 ada kita sediakan anggaran untuk pembelian reserver sekitar Rp 200 juta, karena sering terjadi kerusakan saat perekaman e-KTP, apakah itu yang rusak?, atau ada yang lain?,” ujar ketua DPRK Abdya, Nurdianto.

Pada prinsipnya, sebutnya, DPRK tidak pernah mencoret usulan dinas, jika sifatnya mendesak dan untuk pelayanan publik. Namun, lanjutnya, pencoretan anggaran sering terjadi saat dinas tidak mampu menjelaskan setiap usulan yang diajukan. 

“Buktinya, tahun lalu kita sediakan anggaran, kalau ini memang ada perangkat yang lain rusak, maka dinas harus mengusulkan pada APBK Perubahan 2021,” sebut politisi Partai Demokrat tersebut.

Seski begitu, ia meminta Disdukcapil harus proaktif memeriksa secara berkala setiap alat-alat dan aset yang berhubungan langsung dengan masyarakat, sehingga ketika ada kerusakan bisa diatasi segera, dan tidak mengganggu pelayanan.

“Insya Allah, kalau ada diusulkan pasti kita akomodir, namun angkanya juga harus realistis juga,” pungkasnya. 

Tak Layak Pakai 

Seperti diberitakan sebelumnya, alat percetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), perangkat input data, pengajuan, dan verifikasi milikDisdukcapil Abdya dinilai tidak layak pakai.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved