Breaking News:

Kupi Kumpulkan Uang Rp 275 Juta Dibagi ke Hampir 2000 KK

Sebuah kabar baik kembali datang dari para perantau asal Kabupaten Pidie. Adalah Keluarga Ureung Pidie (Kupi)

Editor: hasyim
SERAMBINEWS.COM/ZAINAL ARIFIN M NUR
Ketua Umum Keluarga Ureung Pidie (Kupi), Muslim Armas (tengah), bersilaturahmi dengan Bupati Pidie, Roni Ahmad SE MM, dan Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Dr A Hamid Sarong, di Kunyet, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Sabtu (8/5/2021). 

* Kiprah Perantau Pidie

Berawal dari Jabodetabek, Muslim Armas dan rekan-rekannya menggantungkan harapan, suatu hari kelak Kupi memiliki cabang di seluruh Aceh dan beberapa negara, terutama di Malaysia dan Australia.

Sebuah kabar baik kembali datang dari para perantau asal Kabupaten Pidie. Adalah Keluarga Ureung Pidie (Kupi), organisasi paguyuban bermarkas di Jakarta, yang membawa kabar baik ini. Mengusung program "Jak Saweu Gampong (JSG) 2021", Ramadhan 1442 H tahun ini Kupi membawa pulang uang sebesar Rp 275 juta untuk disalurkan kepada hampir 2000 keluarga miskin dan duafa, di Kabupaten Pidie.

“Sebagian besar dana ini merupakan zakat, infak, dan sedekah, dari para perantau asal Pidie di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Medan,” kata Muslim Armas (52), Ketua Umum Kupi, kepada Serambi di sela-sela pertemuan silaturahmi dengan Bupati Pidie, Roni Ahmad alias Abusyik, di Kunyet, Padang Tiji, Pidie, Sabtu (8//5/2021).

Dalam pertemuan itu, Muslim Armas didampingi oleh Fauzan SE, Dirut Bank TCD Syariah (BPRS Tengku Chiek Dipante) yang merupakan Koordinator Pembiayaan Ekonomi Kupi, Saiful Rahmad Adam MAg, Koordinator Agama sekaligus penanggung jawab pengumpulan dan penyaluran ZIS Kupi, serta puluhan pengurus Kupi dari Jakarta maupun Aceh.

Muslim Armas, pria asal Gampong Lada Mutiara Timur mengatakan, program Jak Saweu Gampong (JSG) ini adalah yang pertama dilakukan semenjak Kupi resmi berdiri pada tahun 2018 lalu. JSG tahun ini dikoordinir oleh Faisal JN, pengusaha pakaian di Jatinegara asal Uleetutue Gampong Aree.

Sayangnya, kata Muslim Armas, karena ada acara keluarga yang sangat mendadak, Faisal tidak bisa ikut serta hadir pada acara JSG tahun ini. “Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan, seluruh agenda yang kita susun berjalan lancar,” ujarnya.

Ia menyebutkan, ada sekitar 20 pengurus Kupi dari Jabodetabek yang pulang untuk mendukung acara JSG 2021. “Harusnya lebih banyak yang pulang, tapi terhalang karena pembatasan-pembatasan untuk menekan penyebaran wabah Covid-19,” ujarnya.

Di Pidie, kata Muslim Armas, Kupi berkoordinasi dengan panitia lokal dalam menyalurkan ZIS kepada hampir 2000 keluarga miskin dan duafa di sejumlah kecamatan. “Sudah berlangsung sejak awal Ramadhan 2021 kita keliling ke sejumlah kecamatan, untuk menyalurkan donasi sesuai dengan data yang kita terima,” ujar Muslim.

Adapun bantuan yang diberikan adalah uang tunai sebesar Rp 150 ribu per keluarga, khusus untuk imum meunasah ditambah dengan kain sarung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved