Breaking News:

Video

VIDEO Tim Gabungan Sita Ratusan Meriam Bambu dan Perlengkapan Bom Karbit di Pidie

Tim gabungan terdiri dari Polres Pidie, TNI, dan Satpol-PP dan WH Pidie menyita ratusan meriam bambu dan perlengkapan bom karbit, Selasa (11/5/2021).

SERAMBINEWS.COM - Tim gabungan terdiri dari Polres Pidie, TNI, dan Satpol-PP dan WH Pidie menyita ratusan meriam bambu dan perlengkapan bom karbit, Selasa (11/5/2021).

Meriam bambu dan perlengkapan bom karbit itu disita dari pinggir sungai Baro Raya di Kecamatan Pidie dan Indrajaya, serta dari kawasan Reubee, Kecamatan Delima.

Beberapa video yang merekam kegiatan penertiban perlengkapan perang-perangan pada malam Hari Raya Idul Fitri 1442 H itu beredar di media sosial. Peralatan perang-perangan itu diangkut dengan truk-truk milik polisi untuk diamankan.

Kapolres Pidie, AKBP Zulhir Destrian SIK MH, melalui Kabag Ops, AKP Wahyudi, kepada Serambinews.com, Selasa (11/5/2021) mengatakan, penyitaan meriam bambu telah diberitahukan lebih dahulu kepada masyarakat.

Bahwa, lebaran Idul Fitri ini tidak dibolehkan membunyikan meriam bambu tersebut, mengingat masih pandemi Covid-19.

Wahyudi menyebutkan, peralatan perang-perangan yang disita tim gabungan terdiri atas Polres Pidie, TNI, serta Satpol-PP dan WH Pidie antara lain, 25 drum yang telah disambung dan 10 pipa besi pasak bumi 10 yang telah dimodifikasi untuk meriam bom karbit.

Drum dan pasak bumi yang disita ini ditimbun melintang di pinggir Sungai Baro Raya kawasan Garot, Kecamatan Indrajaya. Tim juga menyita barang-barang itu di kawasan Reubee, Kecamatan Delima dan Kecamatan Pidie.

Perang meriam bambu atau dalam bahasa Aceh disebut dengan "toet bude trieng" pada malam Idul Fitri, telah menjadi tradisi turun temurun sejak lama di Kabupaten Pidie, khususnya di kawasan Kecamatan Indrajaya, Delima, dan Mila.

Namun, belakangan, tradisi ini mulai mendapatkan keluhan masyarakat, karena melibatkan bom karbit yang menghasilkan getaran kuat dan suara yang menggelegar hingga 5 kilometer.(*)

Baca juga: VIDEO Menjelang Sahur, Kebakaran Hebat Landa Simpang Teritit Bener Meriah

Baca juga: VIDEO Gadis Cantik Dibakar Pacar hingga Meninggal Dunia, Pelaku Cemburu Buta

Editor: Habibi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved