Breaking News:

Update Corona di Banda Aceh

Pasien Positif Covid-19 di Banda Aceh Terus Bertambah Mencapai 2.882 Orang

Update virus corona (Covid-19) di Kota Banda Aceh hingga Senin (17/5/2021) pasien positif Covid-19 bertambah sembilan orang.....

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Kadiskes Kota Banda Aceh, Lukman SKM MKes 

Laporan Asnawi Luwi |Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Update kasus virus corona (Covid-19) di Kota Banda Aceh hingga Senin (17/5/2021) pasien positif Covid-19 bertambah sembilan orang. Jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 2.882 orang.

Sebelumnya, Minggu (16/5/2021) pasien posien positif Covid-19 di Kota Banda Aceh bertambah 10 orang dan berjumlah  2.863 orang. Sementara itu,  pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia dari 101 orang menjadi 102 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman SKM MKes, kepada serambinews.com, Senin  (17/5/2021) mengatakan, berdasarkan data hari ini adanya penambahan pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 mencapai 9 orang. Sementara itu, pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 yang meninggal nihil saat ini.

Menurut Kadiskes Banda Aceh, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di tengah masyarakat, diharapkan disiplin mengikuti protokol kesehatan (Protkes) Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun," ujar Lukman SKM MKes.

Seperti diketahui, Pengamat Kebijakan Publik Aceh, Dr Nasrul Zaman MKes, mengatakan, Aceh peringkat 5 besar tingkat kematian dari jumlah positif covid-19 di Aceh berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang didominasi oleh suspect komorbid.

"Kita seharusnya tidak hanya melihat soal komorbid saja tapi lebih jauh soal tingginya angka penularan covid-19 di Aceh yang menyebabkan para komorbid terpapar," ujar Nasrul Zaman.

Ia mengaku masih menemukan bahwa Aceh belum punya database yang terintegrasi dengan seluruh kabupaten/kota berkenaan dengan pelintas batas antar provinsi dan kabupaten/kota.

Selain itu, Early warning system di gampong yang selanjutnya menjadi tugas dari puskesmas juga belum menjadi strategi kordinasi pencegahan dan isolasi mandiri ataupun isolasi yang dikelola pemerintah kab/kota maupun pemerintah Aceh.

Strategi meningkatkan jumlah warga yang diperiksa juga belum optimal karena hanya melakukan pemeriksaan di Banda Aceh di tiga lokasi RSUZA, Litbangkes dan USK. Padahal Gubernur Aceh telah menunjuk 13 RSUD menjadi RSU rujukan covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved