Breaking News:

Berita Aceh Besar

Wabup Aceh Besar Lepas Air Irigasi Krueng Aceh, Minta Distop Ilegal Logging di Hutan Seulawah

Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk Husaini A Wahab mengatakan, hari ini masih bisa melepas air irigasi Krueng Aceh, dari Bendungan Irigasi Krueng Aceh

Penulis: Herianto | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab, bersama sejumlak Kepala SKPK dan Kadis Pengairan Aceh, Ade Surya, sedang putar kran pintu air, sebagai tanda pelepasan air irigasi Bendungan Krueng Aceh Seulimum, Senin (17/5/2021) sebagai tanda telah dimulainya tahapan musim tanam padi gadu 2021. 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk Husaini A Wahab mengatakan, hari ini masih bisa melepas air irigasi Krueng Aceh, dari Bendungan Irigasi Krueng Aceh, Gampong Seunebok, Kecamatan Seulimum untuk kebutuhan air pada masa tanam padi gadu.

Karena jumlah hutan/pohon di hulu Sungai Krueng Aceh di Gunung Seulawah, jumlah masih banyak.

“ Tapi, besok atau tahun depan, kita belum pastikan bisa melakukan kegiatan yang sama seperti ini, untuk kesejahteraan petani, jika penebangan liar atau illegal logging di kawasan Hutan Gunung Seulawah tidak di stop,” ujar Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab dalam acara pelepasan air bendungan Krueng Aceh untuk musim tanam gadu 2021, Senin (17/5/2021) di bendungan Krueng Aceh, Gampong Seunebok, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar.

Baca juga: Satpol PP Aceh Tangkap 25 PNS dan 3 Orang Tenaga Kontrak, Nongkrong di Warkop Hari Pertama Kerja

Wakil Bupati Aceh Besar menyerukan kepada para pelaku illegal logging untuk istrahat dan stop, serta taubat tidak lagi menebang kayu secara illegal di Kawasan Hutan Gunung Seulawah.

Imbuan ini disampaikan, kata Tgk Husaini, karena menebang pohon di kawasan hutan lindung, yang merupakan kawasan sumber mata air bagi bendungan irigasi, lebih banyak mudharatnya, dari pada manfaatnya.

“Kalau kawasan hutan lindung yang menjadi tempat penampungan air pada musim hujan, terus digunduli, dengan cara menebang pohonya, bisa membuat hulu Sungai Krueng Aceh mengalami kekeringan,” tegas Husaini.

Jika air di sungai sudah kering, kata Husaini,  apa lagi yang mau dilepas  ke sawah petani, sementara air yang mau di lepas sudah tidak tersedia lagi di kolam bendungannya.

Baca juga: Sedang Terparkir di Teras Rumah, Sepeda Motor Raib Digondol Maling di Bener Meriah

Jadi, kata Husaini A Wahab, dalam acara pelepasan air hari ini, menyerukan kepada para pelaku illegal logging selama ini, sudahi kegiatan penebangan pohon di hutan secara ilegal, istrahat dan stop penebangan kayu.

Cari rezeki yang lain, untuk menafkahi keluarga di rumah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved