Breaking News:

Berita Kutaraja

Blok B Diserahkan ke Aceh, KNPI Apresiasi Pertamina dan Siap Dukung Pemerintah Aceh

“Kami memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Pemerintah Aceh yang telah mengambil alih 100 persen pengelolaan Blok B oleh PT PEMA,” kata Wahyu

Penulis: Saifullah | Editor: Saifullah
hand over dokumen pribadi
Wahyu Saputra, Ketua KNPI Aceh 

Laporan Saifullah | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI Aceh mengapresiasi Pertamina yang melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Energi North Sumatra B-Block (PHE NSB) secara resmi menyerahkan pengelolaan 100 persen Wilayah Kerja (WK) B kepada  PT PEMA Global Energi (PGE) pada Senin (17/5/2021) malam.

“Kami memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Pemerintah Aceh yang telah mengambil alih 100 persen pengelolaan Blok B oleh PT PEMA,” kata Wahyu Saputra, Ketua KNPI Aceh kepada Serambinews.com, Selasa (18/5/2021) sore.

Menurut Wahyu, pengelolaan Blok B ini menandai bahwa Aceh mulai memasuki babak baru dalam sejarah industri minyak dan gas bumi pasca penandatanganan nota kesepahaman damai antara Pemerintah RI dan GAM di Helsinki, Finlandia pada tahun 2005.

Untuk itu, Ia berharap, kepada Pemerintah Aceh yang dalam hal ini pengelolaan oleh PT PEMA tersebut perlu adanya nafas baru, di mana orang-orang muda harus dilibatkan untuk mengelola  Blok B.

Selama ini, urai dia, sumber daya manusia (SDM) Aceh yang mengerti bidang perminyakan banyak berada di luar Aceh.

Baca juga: Toko Kelontong & rumah Milik Warga Aceh Utara Terbakar di Siang Bolong, Api Diduga Berasal dari Ini

Baca juga: Siap-siap! Penumpang Tiba di Bandara Malikussaleh Aceh Utara Akan Diswab Antigen 

Baca juga: VIDEO Dampak Abrasi Sungai Kluet, Enam Rumah Warga Keude Padang Aceh Selatan Kembali Dibongkar

Karena itu, Wahyu menyarankan, agar PT PEMA membuka kesempatan melalui open rekruitmen untuk para ahli perminyakan tersebut bergabung mengelola Blok B.

“Orang-orang muda Aceh yang mengerti perminyakan harus dilibatkan dalam pengelolaan Blok B tersebut. Ini tugas PEMA,” tegas Wahyu Saputra yang sangat berharap keterlibatan orang-orang muda Aceh.

Lebih lanjut, Ketua KNPI Aceh menerangkan, agar Blok B ini harus menjadi laboratorium bagi perminyakan di Aceh.

“Ini juga bisa menjadi pijakan karena di Aceh ini masih banyak blok–blok lainnya seperti Blok di Meureudu, Sabang, dan Andaman yang saat ini masih dilakukan survey,” bebernya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved