Breaking News:

Tari Rampoe Aceh asal Kota Langsa Raih Juara 1 Katagori Atraksi Budaya Terpopuler Ajang API 2020

Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2020, setelah Tari Rampoe Aceh binaan Pemko

Tari Rampoe Aceh asal Kota Langsa Raih Juara 1 Katagori Atraksi Budaya Terpopuler Ajang API 2020
FOTO HUMAS PEMKO LANGSA
Piala Juara 1 Katagori Atraksi Budaya Terpopuler ajang API 2020.

LANGSA - Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2020, setelah Tari Rampoe Aceh binaan Pemko terpilih sebagai juara 1 tingkat nasional Katagori Atraksi Budaya Terpopuler.

Penyerahan Anugrah Pesona Indonesia atau API dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2020 ini, berlangsung di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pengumuman API 2020 ini dilaksanakan di tahun 2021.

Prestasi pada ajang API ini adalah yang kedua diperoleh Pemko Langsa, setelah pada tahun 2019 Mangroove Forest Park – Kota Langsa terpilih sebagai juara pertama Katagori Eko Wisata Terpopuler (Most Popular Ecotourism) pada API.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, SE, Jumat (21/5/2021), mengucapkan Alhamdulillah dan selamat atas terpilihnya Tari Rampoe Aceh Kota Langsa sebagai Juara 1 Tingkat Nasional, pada ajang API Tahun 2020 Kategori Atraksi Budaya Terpopuler. Mewakili Pemko Langsa, Usman Abdullah, mengucapkan selamat kepada Sanggar Banda Beutari Kota Langsa di bawah asuhan Ketua TP- PKK Kota Langsa, Ny. Nadia Anwar yang telah mengukir prestasi cukup membanggakan untuk Kota Langsa di Tingkat Nasional ini.

Setelah Tari Rampoe Aceh dari Kota Langsa yang meraih juara 1 Kategori Atraksi Budaya Terpopuler pada Ajang API Tahun 2020, yang diselenggarakan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,” jelasnya.

Wali Kota juga menyampaikan terima Kasih juga saya ucapkan kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Langsa, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta masyarakat Kota Langsa khususnya, dan masyarakat Aceh umumnya. “Semoga raihan prestasi pada ajang API ini dapat kita peratahankan dan torehkan kembali pada masa-masa yang akan datang,” tutup Usman Abdullah.

Pada tahun 2019, Kota Langsa juga mendapatkan prestasi serupa pada ajang API diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Mangroove Forest Park – Kota Langsa, terpilih sebagai juara pertama Katagori Eko Wisata Terpopuler (Most Popular Ecotourism) pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Selain itu, Mangroove Forest Park – Kota Langsa, juga terpilih sebagai juara terfavorit untuk semua katagori atau dari 18 katagori yang diperlombakan pada ajang API 2019 tersebut.

Seperti diketahiui, Mangroove Forest Park - Kota Langsa bersaing dengan 9 destinasi wisata kabupaten/ kota sejumlah provinsi lainnya, yakni Bangka Botanical Garden - Kota Pangkal Pinang, Bukit Bangkirai - Kabupaten Kutai Kartanegara, Hutan Maranti Putih - Kabupaten Kota Baru. Kampung Flory - Kabupaten Sleman, Manggrove Pahawang - Kabupaten Paswaran, Pulau Lusi - Kabupaten Sidoarjo, Silimalombu Ecovillage - Kabupaten Samosir, Sauaka Margasatwa Kerumutan - Kabupaten Palalawan, TN Lore Lindu - Kabupaten Sigi. Sedangkan untuk juara II katagori Eko Wisata Terpopuler API 2019 ini, diraih Pulau Lusi – Kabupaten Sidoarjo, dan juara III Kampung Flory – Kabupaten Sleman.

Piala dan penghargaan juara pertama API Award dan juara terfavorit ini, diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Pariwasita dan Ekonomi Kreatif RI, Guntur Sakti, diterima langsung oleh Wali Kota Langsa, Tgk Usman Abdullah SE. Pada pada pucak acara pengumuman juara API 2019, Jumat (22/11/2019 pukul 18.00 WIb, di Balairung Soesilo Sudraman Gedung Sapta Pesona, Kementrian Parawisata RI, Jakarta. (zb/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved