Breaking News:

Update Covid 19

Waspada Silent Carrier Pembawa Virus Corona Lebih Berbahaya

Setiap individu patut diduga diam-diam membawa virus corona (silent carrier). Carrier adalah orang yang sudah terinfeksi virus corona namun tidak disa

Penulis: Ansari Hasyim | Editor: Ansari Hasyim
IRNA
Ilustrasi virus corona 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Lonjakan kasus penularan covid-19 di Aceh makin mengkhawatirkan.

Dalam beberapa pekan terakhir, terjadi penambahan jumlah kasus yang signifikan.

Baik jumlah kasus konfirmasi positif baru maupun jumlah pasien yang dinyatakan meninggal.

Pada Sabtu (30/5/2021) dilaporkan kasus baru Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh bertambah lagi 293 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan perlu adanya upaya dari semua pihak untuk lebih aktif dalam menghadang virus corona dari sumber penularannya.

Salah satunya yang perlu diwaspadai adalah keberadaan orang tanpa gejala namun membawa virus di tubuhnya, atau yang lebih sering disebut silent crrier corona.

"Setiap individu patut diduga diam-diam membawa virus corona (silent carrier). Carrier adalah orang yang sudah terinfeksi virus corona namun tidak disadarinya karena tidak menunjukkan gejala penyakit," ujar Saifullah secara tertulis kepada awak media di Banda Aceh, Sabtu (29/5/2021) malam.

Menurutnya virus corona bersemayam di dalam organ pernafasan utama pembawanya dan ia muncrat keluar tubuh bersama cairan (droplet) mulut dan hidung saat ia berbicara, batuk , atau bersinnya.

Permukaan benda dan peralatan yang tercemar droplet pembawa virus itu menjadi infeksius, dan menjadi media perantara Covid-19 bagi orang lain yang menyentuhnya, urai SAG.

VIDEO Lokasi Wisata Pantai di Kota Banda Aceh Masih Dibuka Untuk Umum

Jalan Rusak tak Kunjung Diperbaiki, Pemuda Panton Bili Tanam Pisang di Badan Jalan

Karena itu, lanjutnya, semua orang dianjurkan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan mempersingkat durasi interaksi dengan orang lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved