Breaking News:

PPS Lampulo

DPMPTSP Usul Sewa Lahan di PPS Lampulo Bisa Sampai 30 Tahun, Saat Ini Baru 3 Perusahaan yang Masuk

Martunis mengungkapkan, luas lahan daratan kompleks PPS Kutaradja Lampulo itu mencapai 31 hektare dan luas kolam dermaganya mencapai 80 hektare.

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBI/HERIANTO
Suasana lelang ikan di Dermaga PPS Lampulo, Banda Aceh, minim pembeli karena harga ikan yang melambung tinggi. Foto direkam Minggu (17/1/2021). 

Laporan Herianto I Banda Ace

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Ir Martunis MT menyatakan, pihaknya saat ini sedang membuat draf Peraturan Gubernur terkait jangka waktu penyewaan lahan di Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Lampulo, bisa mencapai 30 tahun.

“Aturan yang telah ada, baru diizinkan untuk lima tahun, sekarang kita tambah, bisa mencapai 30 tahun, untuk menjadi daya tarik investor menanamkan investasinya di PPS Kutaradja Lampulo, ” kata Martunis kepada Serambinews.com, Senin (31/5/2021) di Banda Aceh.

Martunis mengungkapkan, luas lahan daratan kompleks PPS Kutaradja Lampulo itu mencapai 31 hektare dan luas kolam dermaganya mencapai 80 hektare.

Untuk areal daratannya, sejak dioperasikan PPS Kutaradja Lampulo tahun 2015 lalu sampai 2021, baru diisi oleh tiga perusahaan, yaitu PT Lampulo Jaya Bahari, PT Yakin Pasific Tuna dan PT Es Muda Perkasa.

Kenapa sudah enam tahun berjalan, baru diisi tiga perusahaan, ungkap Martunis, salah satu faktor penghambatnya, karena dalam aturan pengelolaan PPS Kutaradja Lampulo itu, jangka waktu sewa lahannya, hanya diizinkan untuk masa lima tahun, kemudian bisa diperpanjang lima tahun dan seterusnya untuk jangka lima tahun.

Blak-blakan Lapor Tuduhan Gelapkan Donasi Palestina, Ustaz Adi Hidayat: Tak Berakhir di Atas Materai

BREAKING NEWS - Gubernur Aceh Nova Iriansyah Positif Covid-19

Perusahaan yang sudah masuk menanamkan investasinya di Kawasan PPS Kutaradja Lampulo, kata Martunis, memohon kepada Pemerintah Aceh, agar aturan sewa lahan di PPS Kutaradja Lampulo, yang selama ini lima tahun, dirubah bisa mencapai 30 tahun.

Usulan itu disampaikan, dengan alasan untuk menambah investasi bangunan gedungnya, untuk berbagai kegiatan usaha lainnya.

Kalau sebelumnya, kata Martunis, kegiatan usaha mereka hanya untuk pembekuan ikan tuna dan produksi es batang/balok, dengan penambahan jangka waktu sewa lahan, usahanya akan ditambah lagi.

Misalnya, buka bisnis pengalengan ikan untuk pemasaran dalam negeri dan ekspor serta lainnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved