Breaking News:

Video

VIDEO - Danau Akgol yang Selalu Dipenuhi Satwa Kini Berubah Menjadi Padang Tandus

Danau yang memiliki beraneka ragam satwa itu mengering karena pemanasan global, kurangnya curah hujan, dan penguapan.

SERAMBINEWS.COM, VAN - Banyak spesies burung harus bermigrasi ke daerah lain karena menyusutnya Danau Akgol, yang memiliki luas 407 hektar di distrik Ozalp provinsi Van, Turki.

Terletak 30 kilometer dari distrik, debitnya berasal dari air hujan dan salju, dan memiliki garis pantai sepanjang 9 kilometer, Akgol yang terkena dampak kekeringan, menyusut dengan cepat pada tahun ini.

Danau yang memiliki beraneka ragam satwa itu mengering karena pemanasan global, kurangnya curah hujan, dan penguapan.

Burung dari spesies yang berbeda seperti flamingo, yang berkoloni setiap tahunnya telah meninggalkan danau.

Kekeringan adalah risiko besar untuk cekungan tertutup, Dosen Faruk Alaeddinoglu dari Universitas Van Yuzuncu Yil mengatakan bahwa ada perubahan iklim serius pada kawasan itu seperti yang terjadi di seluruh dunia.

“Saya menyaksikan sebagian besar mata air mengering. Terutama di bulan Juli dan Agustus, saya bisa melihat mata air mengalir. Saya melihat mata air mengering,” kata Alaeddinoglu.

“Kami menyaksikan pengeringan danau di banyak bagian dunia. Tapi ada masalah yang lebih serius. Ini adalah hal yang sangat penting bagi sebuah danau untuk mengering, tetapi tidak mungkin untuk mempertahankannya tetap hidup setelah mengering,” tambahnya.

Necmettin Yalin, kepala desa Bagriacik dekat Akgol mengatakan semua air mancur yang berumur seratus tahun telah mengering, "Karena ini semua hewan binasa karena kehausan."

“Tempat ini dikenal sebagai suaka burung. Semua jenis burung biasa datang ke sini. Ribuan spesies burung, terutama flamingo dan bebek, tinggal di sini. Sayangnya, tahun ini burung tidak datang karena kemarau,” tambah Yalin.

Danau itu menyerupai 'Salt Lake' Tukey yang terkenal dengan tampilan warna-warni. Akibat penurunan curah hujan dan kekeringan musiman dan berubah menjadi daerah tandus.(Anadolu Agency)

Baca juga: VIDEO - Ramp Door Kapal Putus, Mobil Avanza Terjun ke Danau Toba, Satu Meninggal Dunia

Baca juga: VIDEO – Penampakan Ingus Laut di Marmara Turki, Erdogan Beri Perhatian Khusus

Penulis: yuhendra saputra
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved