Breaking News:

Berita Simeulue

Buron Setahun, Seorang Mantan Keuchik di Simeulue Akhirnya Menyerahkan Diri

Padahal, IR sebelumnya sempat buron, saat penyidik dari Kejari Simeulue sedang melakukan penyelidikan kasus dugaan tindak korupsi di desa yang ia

For Serambinews.com
Jaksa penyidik Kejari Simeulue, Solihin, memproses berkas tersangka (baju orange) seorang mantan keuchik di Simeulue sebelum dititipkan di Lapas Sinabang, beberapa waktu lalu. 

Padahal, IR sebelumnya sempat buron, saat penyidik dari Kejari Simeulue sedang melakukan penyelidikan kasus dugaan tindak korupsi di desa yang ia pimpin saat itu.

Laporan Sari Muliyasno I Simeulue

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Seorang mantan keuchik (kepala desa) di Kabupaten Simeulue, berinisial IR, dengan kesadaran sendiri menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Simeulue.

Padahal, IR sebelumnya sempat buron, saat penyidik dari Kejari Simeulue sedang melakukan penyelidikan kasus dugaan tindak korupsi di desa yang ia pimpin saat itu.

Kajari Simeulue R Hari Wibowo, melalui Kasi Intelijen Kejari Simeulue, Muhasnan Mardis yang turut didampingi Kasi Penyidikan Solihin dan Plh Kasi Pidsus Kejari Simeulur Heri Ikbal, mengungkapkan bahwa tersangka IR yang menyerahkan diri itu saat ini sudah dititipkan di Lapas Sinabang.

"Tersangka sudah kita tahan untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan. Ia disangkakan lantaran diduga telah melakukan tindak pidan korupsi melalui dana desa tahun anggaran 2016," katanya.

Dalam kasus korupsi dana desa itu, negara telah dirugikan sebanyak Rp 111 juta lebih.

Saat ini tersangka masih tunggal. Masih proses ya (pemyidikan) belum diketahui ada keterlibatan pihak lain dalam kasus ini," ungkap Solihin.

Secara singkat, Jaksa penyidik menjelaskan bahwa modus dugaan korupsi yang menjerat salah satu kepala desa di Simeulue itu dengan cara membuat kegiatan fiktif.

"Laporan pertaggungjawaban kegiatan atau LPJ ada, tapi kegiatannya tidak ada," jelasnya.

"Untuk ancaman hukuman tersangka maksimal 20 tahun," tambah Plh Kasi Pidsus, Heri Ikbal. (*)

Baca juga: Utang Garuda Indonesia Tembus Rp70 Triliun, Terkuak Inilah Biang Keroknya

Penulis: Sari Muliyasno
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved