Breaking News:

Berita Luar Negeri

AS dan China Saling Kecam, Gara-gara Diungkit Asal Usul Virus Corona, Isu Taiwan dan HAM

Amerika Serikat (AS) dan China saling beradu kecaman setelah AS menekan lagi Beijing tentang asal usul Covid-19, isu Taiwan dan hak asasi manusia

Editor: Muhammad Hadi
file Anadolu Agency
Ilustrasi-Bendera AS dan China 

AS dan China Saling Kecam, Gara-gara Diungkit Asal Usul Virus Corona, Isu Taiwan dan HAM

SERAMBINEWS.COM - Amerika Serikat (AS) dan China saling beradu kecaman setelah AS menekan lagi Beijing tentang asal usul Covid-19, isu Taiwan dan hak asasi manusia.

Tekanan itu dilontarkan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kelompok 7 (G7)

KTT G7 ini merupakan debut internasional Presiden AS Joe Biden di KTT G7.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara melalui telepon dengan pejabat senior China Yang Jiechi.

Baca juga: Hingga 11 Juni, Jumlah Positif Covid-19 di Aceh Capai 17.109 Kasus

Dalam pembicaraan itu, Blinken memperbarui tekanan AS terhadap China atas asal mula pandemi yang telah menewaskan lebih dari 3,7 juta orang di dunia.

Blinken menekankan pentingnya kerja sama dan transparansi mengenai asal usul virus corona, termasuk mengizinkan pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali ke China, demikian juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price dalam sebuah pernyataan yang dikutip Channel News Asia.

Biden telah memerintahkan intelijen AS untuk melaporkan kembali pada akhir Agustus tahun lalu apakah Covid-19, yang pertama kali terdeteksi pada akhir 2019 di kota Wuhan, muncul dari sumber hewan atau kecelakaan laboratorium.

Teori asal usul virus Covid-19 dari laboratorium Wuhan telah membuat marah China, yang telah berusaha mengubah citra dirinya di mata dunia bukan sebagai negara yang gagal menghentikan virus, tetapi sebagai model tentang cara mengatasinya.

Baca juga: Rumah Terbakar di Jangka, Kakek Abdussalam dan Nek Habibah Menginap di Rumah Anaknya

Yang, seorang anggota senior Politbiro China yang telah lama memimpin dalam penanganan Beijing terhadap Amerika Serikat, mengecam Washington ketika Biden bertemu dengan para pemimpin dari negara-negara G7 lainnya yakni Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved