Breaking News:

Berita Bireuen

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, UTD Bireuen Kumpulkan Darah 42 Kantong

Peserta donor darah umumnya tenaga medis dari RSUD dr Fauziah Bireuen dan beberapa rumah sakit lainnya termasuk warga Bireuen.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Tenaga medis RSUD dr Fauziah Bireuen, Senin (14/06/2021) sedang melaksanakan donor darah UTD RSUD Bireuen dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia di halaman RSUD dr Fauziah Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Memperingati hari donor darah sedunia tahun 2021  ( World Blood Donor Day 2021) dengan tema  donorkan darahmu kehidupan dunia terjaga, UTD RSUD Bireuen menggelar donor darah di halaman RSUD Bireuen, Senin (14/06/2021).

Dalam kegiatan menggunakan mobil khusus donor darah yang dimulai pukul 09.00 hingga pukul 3.30 WIB berhasil mendapatkan 42 kantong darah.

Amatan Serambinews.com, peserta donor darah umumnya tenaga medis dari RSUD dr Fauziah Bireuen dan beberapa rumah sakit lainnya termasuk warga Bireuen.

Kepala UTD RSUD dr Fauziah Bireuen, Wardati SKM kepada Serambinews.com mengatakan, UTD Bireuen melaksanakan donor darah dan melibatkan tenaga medis dari RSUD dr Fauziah Bireuen, RS Jeumpa Hospital, RS Telaga Bunda, RS BMC dan RS Avicenna Bireuen serta masyarakat  akan berlangsung sampai sore.

Disebutkan, persediaan darah di UTD Bireuen hingga siang dapat disebut masih ada, namun jumlahnya terbatas yaitu golongan darah A masih ada 23 kantong, darah B 21 kantong, darah golongan O mencapai 56 kantong dan darah golongan AB hanya 10 kantong.

Walaupun persediaan darah memadai, namun kebutuhan setiap hari mencapai 40-50 kantong darah terutama sekali untuk pasien thalasemia, ibu-ibu melahirkan dan kebutuhan darah lainnya bagi pasien yang membutuhkan.

Baca juga: Pak Kades Digerebek Tiduri Istri Orang, Sempat Sembunyi di Plafon, Ngaku Sudah 30 Kali Berhubungan

Baca juga: Sampaikan Replik, Jaksa Sebut Habib Rizieq Shihab Gampang Sekali Menghujat Orang Lain

Baca juga: FAKTA Sekda Nias Utara Pesta Narkoba, Ditangkap Bersama Wanita dan Mahasiswi, Diduga Mabuk Ekstasi

Baca juga: Di Luar Kebiasannya, Kim Jong-un Tiba-tiba Kirim Hadiah Ulang Tahun untuk Penambang

Mengantisipasi kekurangan darah, UTD Bireuen mengajak masyarakat Bireuen dan berbagai elemen masyarakat untuk berpartisipasi melakukan donor darah.

“Donor darah bisa langsung ke UTD maupun melihat jadwal kunjungan ke Puskesmas masing-masing kecamatan maupun pelaksanaan donor bersama lembaga sosial lainnya,” ujarnya.

Rangkaian peringatan hari donor darah sedunia, Bupati Bireuen melalui UTD Bireuen juga menyerahkan piagam penghargaan kepada masyarakat yang sering melakukan donor darah minimal 35 kali telah melakukan donor dan dipilih secara acak, kemudian lembaga sosial dan kantor pemerintah juga dipilih secara acak.

“Piagam penghargaan sebagai bentuk perhatian Pemkab Bireuen bersama UTD atas partisipasi dalam mendonor darahnya untuk membantu pasien yang membutuhkan,” ujarnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved