Breaking News:

Berita Bener Meriah

Menteri Koperasi dan UKM : Aceh Miliki Koperasi Kopi Wanita Gayo yang Mendunia

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengapresiasi Koperasi Kopi Wanita Gayo

Penulis: Budi Fatria | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBI/BUDI FATRIA
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki didampingi Plt Bupati Bener Meriah, Dailami, Sekda, Haili Yoga melihat langsung pengolahan kopi di Koperasi Wanita Gayo, Bener Meriah, Jumat (18/6/2021). 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengapresiasi Koperasi Kopi Wanita Gayo yang merupakan satu-satunya koperasi wanita di Indonesia yang mendunia.

Koperasi Kopi Wanita Gayo merupakan koperasi wanita di Asia Tenggara yang masuk dalam organisasi petani kopi wanita internasional berbasis di Peru, Amerika Selatan, yaitu Organic Product Trading Company (OPTCO) Cafe Femenino.

“Di Bener Meriah, ada koperasi perempuan, yaitu Koperasi Wanita Gayo, ternyata sudah menjadi enam (6) koperasi perempuan terbaik di dunia dan diakui kiprahnya di Internasional,” ujar Teten Masduki saat berkunjung ke Bener Meriah, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Menteri Teten Masduki Dorong Koperasi Diperkuat untuk Sejahterakan Petani Kopi Gayo

Kedatangan Menteri Koperasi dan UKM RI ke Dataran Tinggi Gayo (DTG) itu dalam rangka menggenjot perekonomian disektor komoditi pangan yang menjadi unggulan di Provinsi Aceh.

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM RI menyampaikan, kedatangan dirinya kesini dalam rangka merapikan tataniaga kopi atas perintah Presiden Jokowi.

“Kita ingin merapikan tataniaga kopi supaya keuntungan dari komoditas kopi Gayo ini bisa memberikan kesejahteraan bagi petani kopi khususnya di Gayo,” jelasnya.

Menurutnya, semua orang tahu, kopi terbaik di dunia, yaitu kopi arabika Gayo.

“Saya sendiri penikmat kopi, kalau minum kopi Gayo bisa lupa istri, jadi saya suka selingkuh dengan kopi Gayo,” ucapnya sambil galak tawa para peserta yang hadir.

Baca juga: Amerika Serikat Izinkan Turki Jaga Keamanan Bandara Afghanistan, Setelah AS Tarik Seluruh Pasukan

Lanjutnya, komoditas seperti kopi ini selalu ada masalah, kalau panen raya harganya jatuh, seperti permintan menurun sehingga berimbas ke petani.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved