Breaking News:

Selebriti

Daun Kelor Bermanfaat bagi Kesehatan, Atasi Rematik hingga Obat Mata, Berikut Penjelasan Ahli

Tanaman ini tumbuh dan berkembang di negara Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Di Bali, tanaman kelor sudah tidak asing lagi karena berkhasiat

Editor: Nur Nihayati
Daun Kelor 

Tanaman ini tumbuh dan berkembang di negara Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Di Bali, tanaman kelor sudah tidak asing lagi karena berkhasiat 

SERAMBINEWS.COM - Daun kelor ternyata memiliki manfaat luar biasa.

Daun berbentuk kecil ini sering ditemukan.

Dosen  Fakutlas Kesehatan Ayurweda, Unhi, A.A Putu Agung Mediastari memberi informasi tentang manfaat dan khasiat daun kelor.

Khususnya dalam ilmu Taru Pramana di Hindu Bali.

"Kelor merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae dengan nama ilmiah Moringa Oleifera," jelasnya kepada Tribun Bali, Minggu 20 Juni 2021.

Tanaman ini tumbuh dan berkembang di negara Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Di Bali, tanaman kelor sudah tidak asing lagi karena berkhasiat dan manfaatnya luar biasa.

Baca juga: BCL Klarifikasi Mengaku Tak Pernah Sampaikan Terpapar Covid-19 Setelah Liburan di Bali

Baca juga: Puskesmas Pulau Banyak Tutup Sementara

Baca juga: Penurunan CPO Global belum Pengaruhi Harga Kelapa Sawit di Aceh Singkil

"Khasiat kelor telah dicantumkan pada Usada Taru Pramana, yang terbagi menjadi daging dan daun sejuk," katanya. Kemudian getah dingin dan akar hangat.

Untuk pengobatan, daun dimanfaatkan sebagai obat sakit mata, dicampur dengan jeruk nipis, uyah arang, diperas, disaring, dibiarkan mengendap, lalu air endapannya yang bening dipakai untuk obat tetes mata.

Akarnya dimanfaatkan sebagai boreh untuk mengatasi rematik. Ditambahkan dengan sindrong jangkep, digerus halus serta ditambah air cuka atau arak. Lalu diparamkan pada bagian yang sakit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved