Breaking News:

Wakil Wali Kota Langsa Serahkan 12,5 Ton Benih Padi Kepada 444 Orang Petani

Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM, Senin (21/6/2021) menyerahkan bantuan sebanyak 12.500 kg atau 12,5 ton benih padi

Editor: bakri
Foto Humas Pemko Langsa
Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM, Senin (21/6/2021) menyerahkan bantuan sebanyak 12.500 kg atau 12,5 ton benih padi kepada 444 anggota kelompok tani (poktan) di wilayah Kota Langsa 

LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM, Senin (21/6/2021) menyerahkan bantuan sebanyak 12.500 kg atau 12,5 ton benih padi kepada 444 anggota kelompok tani (poktan) di wilayah Kota Langsa. Prosesi penyerahan secara simbolis berlangsung di Kantor Geuchik Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur.

Wakil Wi Kota, H. Marzuki Hamid, mengatakan, 12,5 ton benih padi ini kepada kelompok tani dari 10 Gampong di wilayah Kecamatan Langsa Timur dan Kecamatan Langsa Barat dengan luas lahan 500 hektar. Benih padi yang didistribusikan ini berasal dari penangkaran benih di Gampong Cinta Raja yang dikelola Poktan Bela Saudara bekerjasama dengan PT Pertani. “Penangkaran benih padi di kota Langsa ada 2 lokasi diantaranya dikelola Poktan Sukarejo dan Poktan Bela Saudara Cinta Raja,” ujarnya.

Marzuki Hamid berharap benih padi bantuan Pemerintah ini bermanfaat bagi masyarakat petani di wilayah Kota Langsa, dan bantuan ini sulaya tidak diperjual belikan. Menurutnya, Pemerintah saat ini terus memperbaiki berbagai sarana untuk meningkatkan produksi pertanian seperti pembangunan irigasi, bantuan benih padi, serta berbagai jenis bantuan pertanian lainnya. Salah satu inovasi dalam meningkatkan pendapatan petani dilakukan di daerah ini ialah penangkaran benih padi, karena benih unggul akan menghasilkan produk yang berkualitas.

Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Langsa, Muslimatun Salsiah, S.Pi, M.Si, menyebutkan, tahun 2021 sekitar 37 ton benih padi telah dihasilkan dua Poktan itu, yakni Poktan Sukarejo 27 ton dan 10 ton Poktan Bela Saudara. “Dalam menghasilkan benih padi tersebut kedua Poktan ini bekerja sama dengan PT. Pertani terutama dalam hal sertifikasi benih padi hingga pendistribusian ke para petani,” imbuhnya. (*/zb)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved