Breaking News:

Video

VIDEO - Empat Tersangka Pembunuh Presiden Haiti Tewas Ditembak Polisi

Presiden Haiti Jovenel Moise ditembak 12 kali dalam serangan itu, kata Hakim Carl Henry Destin yang bertanggung jawab atas laporan forensik.

Penulis: Yuhendra Saputra | Editor: Safriadi Syahbuddin

SERAMBINEWS.COM, PORT-AU-PRINCE - Pihak berwenang telah menewaskan empat tersangka pembunuh presiden Haiti Jovenel Moise yang diduga tentara bayaran serta menangkap dua tersangka pelaku kejahatan, kata Direktur Jenderal Polisi Leon Charles di televisi Rabu malam.

“Kami memblokir rute mereka saat meninggalkan TKP. Sejak itu, kami terus mengejar mereka,” ujar Charles.

Presiden Moise tewas dalam serangan bersenjata di kediaman pribadinya di Port-au-Prince oleh sekelompok orang tak dikenal pada Rabu pagi, setelah itu perdana menteri sementara Claude Joseph mengumumkan keadaan pengepungan nasional, memberikan dukungan penuh kepada tentara.

Ibu negara Haiti, Martine Moise yang terluka dalam serangan dipindahkan ke rumah sakit di Miami.

Bandara internasional negara itu di Port-Au-Prince ditutup dan negara tetangga Republik Dominika menutupan perbatasannya dengan Haiti.

Presiden Haiti Jovenel Moise ditembak 12 kali dalam serangan itu, kata Hakim Carl Henry Destin yang bertanggung jawab atas laporan forensik.

Tiga personel polisi yang disandera tersangka pria bersenjata dibebaskan pada Rabu malam, kata Charles.

Peristiwa baru-baru ini telah menjerumuskan negara ke dalam kekacauan kepemimpinan.

Moise (53) menjabat pada 2017 setelah pemilihan yang diperebutkan. Setelah gagal mengadakan pemilihan, oposisi telah menuntut dia untuk mundur.

Hanya sehari sebelum kematiannya, Moise telah menunjuk perdana menteri baru yang akan menjabat minggu ini, jadi Joseph hampir mengundurkan diri. Haiti akan mengadakan pemilihan presiden dan legislatif pada 26 September 2021.

Pembunuhan itu menimbulkan kecaman oleh banyak negara termasuk Republik Dominika, Meksiko, Kolombia, Bolivia, Peru, Ekuador, dan Argentina.(Anadolu Agency)

Baca juga: Istri Presiden Haiti Yang Terbunuh di Rumah Sakit Mengutuk Regu Pembunuh Suaminya

Baca juga: 17 Pembunuh Presiden Haiti Ditangkap, 28 Orang Terlibat, 2 Warga AS dan 26 Mantan Tentara Kolombia

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved