Breaking News:

Berita Bireuen

Lima Gampong di Bireuen Jadi Gampong Percontohan Syariat

Penetapan kelima desa tersebut bukan dalam arti menafikan desa-desa lainnya di Bireuen, tetapi disesuaikan dengan anggaran yang tersedia tahun ini.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
hand over dokumen pribadi
Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar SAg MAP bicara soal gampong bersyariat Islam, Jumat (16/7/2021) 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Pemkab Bireuen melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen menetapkan lima gampong dari 609 gampong di Bireuen sebagai Gampong Percontohan Bersyariat Islam di Bireuen, proses penetapan ke lima gampong diawali dari adanya program meningkatkan Syiar Islam di Bireuen.

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar Sag MAP didampingi Tgk Bustamam sebagai Kasie Penyelenggara Syariat kepada Serambinews.com, Jumat (16/07/2021) mengatakan,  penetapan kelima gampong diawal dari musyawarah di dinas dan juga tersedianya anggaran untuk kegiatan tersebut.

Hasil musyawarah maka dinas mengirim surat untuk lima kecamatan yaitu Simpang Mamplam, Peudada, Kuala, Jangka dan Makmur, setelah itu maka dipulihkan  nama-nama desa-desa masing-masing kecamatan untuk dilakukan kunjungan lapangan. 

Kunjungan lapangan melihat secara dekat berbagai aktivitas masyarakat dan memastikan sudah ada lembaga pendidikan TPA, TPQ, ada kegiatan pengajian rutin untuk kaum bapak, kaum ibu dan para pemuda. Selain itu, pelaksanaan shalat berjamaah lima waktu rutin di meunasah dan sejumlah kegiatan pendukung lainnya.  

Hasil verifikasi lapangan kata Bustaman maka dilakukan pengkajian dan ulang dan akhirnya ditetapkanlah kelima desa tersebut.

“Penetapan kelima desa tersebut bukan dalam arti menafikan desa-desa lainnya di Bireuen, tetapi disesuaikan dengan anggaran yang tersedia tahun ini hanya untuk lima desa, tahun depan juga dilakukan verifikasi lagi terhadap desa-desa lainnya,” kata Bustamam. 

Baca juga: Suaminya Selingkuh dengan Tetangga hingga Hamil, Wanita Ini Balas Dendam dengan Cara Tak Biasa

Baca juga: Tamara Bleszynski, Blasteran Ini Pernah Disebut Cindy Crawford-nya Indonesia, Ini Ceritanya

Baca juga: Bikin Konten Prank Malaikat Maut, Nyawa Remaja Ini Melayang Terlindas Truk

Diharapkan tahun depan tersedia anggaran dalam jumlah memadai untuk pelaksanaan program meningkatkan berbagai kegiatan Syariat Islam dan juga memilih desa-desa terbaik untuk ditetapkan sebagai desa percontohan Syariat Islam di Bireuen.

Sebelumnya, salah satu desa di Bireuen yaitu Desa Cot Bada, Jeumpa juga telah menjadi desa percontohan syariat program Dinas Syariat Islam, Provinsi Aceh, ujar Bustamam.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved