Breaking News:

Tips Otomotif

Jangan Putar Setir saat Mobil Diam Bisa Berakibat Fatal, Begini Penjelasan Pakar

Power steering sebetulnya merupakan salah satu komponen dalam mobil yang sistem kerjanya dapat memudahkan pengemudi untuk memutar kemudi mobil.

Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/GUIDEAUTOWEB.com
Ilustrasi Elektrik Power Steering. 

SERAMBINEWS.COM - Banyak yang beranggapan bahwa memutar setir pada saat posisi mobil diam dianggap dapat merusak power steering.

Di sisi lain, ada juga yang beranggapan bahwa hal tersebut tidak akan merusaknya.

Menanggapi hal tersebut, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, memutar setir pada saat mobil dalam kondisi diam atau mesin mati bisa saja dapat merusak power steering.

"Ada benarnya juga, jadi kalau misal kendaraan diam otomatis setir akan terbebani dengan beban kendaraan, jadi agak lebih berat. Lain halnya jika mobil dalam keadaan terangkat di atas lift atau posisi bergerak," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (17/7/2021).

Power steering sebetulnya merupakan salah satu komponen dalam mobil yang sistem kerjanya dapat memudahkan pengemudi untuk memutar kemudi mobil.

VIDEO - Kisah Pemuda Aulya Akhsan, Lulusan SMK Otomotif yang Sukses jadi Fashion Designer Terkenal

Dengan bantuan power steering, kemudi akan lebih ringan jika dibandingkan dengan mobil yang belum menggunakan power steering.

Ada dua jenis power steering berdasarkan penggeraknya. Yang pertama yakni power steering hidrolik dan elektrik power steering (EPS).

Didi mengatakan, dengan adanya beban dari kendaraan pada saat diam maka mekanisme setir akan lebih bekerja keras.

Maka dari itu jangan biasakan memutar setir dalam kondisi diam atau mesin mati.

"Kalau untuk keadaan darurat tidak masalah, asalkan pada saat menggerakkan setir jangan pada kondisi mesin mati supaya tidak merusak komponen-komponen yang ada di steering system," ucap Didi.

Pemerintah Perpanjang Diskon PPnBM Otomotif 100 Persen Sampai Agustus 2021

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved