Breaking News:

Berita Aceh Jaya

34 Gampong di Aceh Jaya Sudah Cairkan Dana Desa, Puluhan Desa Lain Lagi Diverifikasi

Pencairan itu dilakukan setelah seluruh persyaratan yang diminta dilengkapi seluruh desa itu dengan difasilitasi oleh DPM-PKB.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Saifullah
For. Serambinews.com
Kepala DPM-PKB Aceh Jaya, Salbiah menyebutkan, bahwa 34 desa di Aceh Jaya telah mencairkan dana desanya. 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Keluarga Berencana (DPMPKB) sudah menyelesaikan pencairan dana desa terhadap 34 gampong dari 172 desa di sembilan kecamatan dalam kabupaten tersebut.

Pencairan itu dilakukan setelah seluruh persyaratan yang diminta dilengkapi seluruh desa itu dengan difasilitasi oleh DPM-PKB.

Kepala DPM-PKB Aceh Jaya, Salbiah mengatakan, jika saat ini sudah ada puluhan desa yang mengajukan pencairan desa tahap II tahun 2021.

Dari puluhan desa itu, 30 desa sudah dilakukan verifikasi dan dilanjutkan pelengkapan bahan bagi desa yang belum melengkapi.

"Jadi pengajuan pertama itu ada sebanyak sembilan desa, kemudian pengajuan 25 desa," ungkapnya.

"Saat ini ada sekitar 30 desa yang sedang dilakukan verifikasi, dan ada beberapa desa sudah masuk tapi belum diverifikasi," tukas Salbiah. 

Baca juga: Dana Desa Itu Bukan Uang Receh

Baca juga: Warga Desa Geulanggang Baro Kota Juang Bireuen Terima BLT-DD, Ini Jumlahnya

Baca juga: Diduga Selewengkan Dana Desa, Polisi Tahan Empat Oknum Aparat Desa di Simeulue

Ia mengungkapkan, jika proses verifikasi sendiri memakan waktu yang lumayan lama lantaran banyaknya berkas yang harus diverifikasi secara teliti sehingga tidak ada yang kurang dan salah.

Selain itu, beber Salbiah, lamanya proses verifikasi juga dikarenakan lantaran personel yang bertugas di DPM-PKB sangat terbatas.

"Jadi jumlah segitu, yang sudah selesai 34 desa, proses verifikasi 30, dan yang belum diverifikasi saya tidak tahu tapi bahan sudah di DPM-PKB," tutupnya.

Sementara itu, Kasie Management KPPN Meulaboh, Ade WS membenarkan jika pihaknya sudah mengeluarkan SP2D terhadap 34 desa di Kabupaten Aceh Jaya.

Ia menjelaskan, jika pencairan dana untuk desa di Aceh Jaya dilakukan dua kali, di mana pengajuan pertama sebanyak sembilan desa dan yang kedua 25 desa.

"Yang 25 desa itu keluar SP2D hari Senin. Insya Allah, uangnya sudah masuk ke rekening hari ini, dan sudah bisa dilakukan penarikan," tandasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved