Breaking News:

Gubernur Perintahkan Satpol PP Bersikap Humanis

Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Aceh untuk mengutamakan

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Muhammad Iswanto 

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Aceh untuk mengutamakan langkah-langkah humanis dan persuasif dalam mendukung penegakan dan pelaksanaan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Aceh. Perintah itu terruang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Aceh Nomor 13/INSTR/2021 tentang Penertiban Pelaksanaan PPKM di Aceh, yang dikeluarkan pada Minggu (19/7/2021).

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto SSTP MM, kepada Serambi, Selasa (20/7/2021), menyebutkan, instruksi Gubernur itu dilekuarkan dalam rangka mendukung pelaksanaan PPKM demi mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan rakyat. "Gubernur Aceh menginstruksikan kepada Kepala Satpol PP dan WH Aceh untuk mengutamakan langkah-langkah yang profesional, humanis, dan persuasif dalam pelaksanaan PPKM," ujar Iswanto.

Instruksi tersebut diminta agar diterapkan oleh Satpol PP pada tahapan penertiban pelaksanaan PPKM, seperti diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dan Ingub Aceh mengenai PPKM.

Dalam instruksi itu, Gubernur juga meminta Satpol PP melakukan penegakan hukum/disiplin yang tegas namun santun dan simpatik bagi masyarakat yang melanggar ketentuan PPKM dan dilarang menggunakan kekerasan yang berpotensi mengarah pada pelanggaran hukum. "Dalam pelaksanaan kedua arahan tersebut, Satpol PP juga diminta tetap bersinergi dengan jajaran TNI/Polri dan unsur Forkopimda lain yang terkait," kata Iswanto.

Iswanto juga menerangkan, dasar dikeluarkan Instruksi Gubernur itu adalah Surat Edaran Mendagri Nomor 440/3929/SJ tanggal 18 Juli 2021 tentang Penertiban Pelaksanaan PPKM dan Percepatan Pemberian Vaksin bagi Masyarakat. Dalam edaran itu, gubernur dan bupati/wali kota diminta melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Pertama, mengevaluasi secara reguler penertiban pelaksanaan PPKM di wilayahnya untuk mengetahui efektivitasnya menekan penularan kasus Covid-19.  Kedua, memerintahkan jajaran Satpol PP di daerah masing-masing untuk mengutamakan langkah-langkah yang profesional, humanis dan persuasif dalam pelaksanaan PPKM

Ketiga, kepala daerah diminta untuk membantu masyarakat yang kesulitan secara ekonomi sebagai akibat terkena dampak pandemi Covid-19 dan dampak pelaksanaan PPKM, Keempat, melaksanakan percepatan pemberian vaksin bagi masyarakat. Kelima, melakukan sosialisasi penerapan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) secara masif kepada masyarakat dan mendistribusikan masker kepada masyarakat. (jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved