Breaking News:

Berita Pidie

Keluarga Ureung Pidie Kembali Saweu Gampong, Hidupkan Tradisi Berkurban di Kawasan Pedalaman

para perantau asal Pidie ini berkeliling kampung, menyalurkan ratusan paket daging kurban dari lima ekor sapi yang disembelih secara terpisah.

Penulis: Idris Ismail | Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/DOK KUPI JAKARTA
Pengurus Paguyuban KUPI Jakarta menghadiri acara pemotongan hewan kurban di Gampong Pusong, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie, Jumat (23/7/2021). Pada Idul Adha 1442 H tahun ini, KUPI Jakarta melaksanakan kegiatan "Saweu Gampong" dengan menyembelih 5 lembu hewan kurban di lima gampong di pedalaman Pidie. 

Laporan Idris Ismail | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI – Keluarga Ureung Pidie (KUPI), komunitas paguyuban perantau Pidie yang bermarkas di Jakarta dan sekitarnya, kembali mengadakan kegiatan “saweu gampong”.

Kali ini, selama dua hari, 22-23 Juli, para perantau asal Pidie ini berkeliling kampung, menyalurkan ratusan paket daging kurban dari lima ekor sapi yang disembelih secara terpisah di lima gampong di pedalaman Pidie.

Ketua KUPI Jakarta, Muslim Armas mengatakan, penyaluran ratusan paket daging kurban dari lima ekor sapi merupakan bagian dari agenda 'Jak Saweu Gampong' dalam rangka hari raya Idul Adha 1442 H.

“Ini merupakan wujud kepedulian para perantau asal Pidie di Jakarta dan sekitarnya, untuk saling berbagi kepada masyarakat miskin pada perayaan hari raya yang sakral ini (Idul Adha),” ungkap Muslim.

Dalam wawancara dengan Serambinews.com, Jumat (23/7/2021), Muslim Armas didampingi Koordinator Agama, Saiful Rahmad Adam MAg dan Ketua Panitia Jak Saweu Gampong, Faisal M Djafar.

"Dari lima sapi yang terkumpul donasi dari masyarakat perantauan kami salurkan kepada masyarakat di lima gampong pedalaman dan terpencil di berbagai pelosok Kabupaten Pidie secara terpisah," sebut Muslim Armas.

Ketua Panitia Jak Saweu Gampong, Faisal M Djafar mengatakan, pihaknya sengaja memilih beberapa gampong pedalaman sebagai lokasi berkurban, dengan tujuan menghidupkan syariat dan tradisi berkurban di kawasan pedalaman.

Adapun lima kampung yang menjadi tempat pengabdian KUPI kali ini adalah,

1. Gampong Pusong Kecamatan Kembang Tanjong

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved