Breaking News:

Berita Bireuen

Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Bireuen, Lima Damkar Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran satu hamparan lahan yang ditumbuhi rumput ilalang ini sempat menimbulkan kobaran api setinggi pohon kelapa, namun cepat dipadamkan petugas.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Foto kiriman warga
Petugas pemadam lagi menyiram hamparan lahan terbakar dipinggir jalan Blang Mee Kutablang Bireuen, Selasa (27/07/2021) siang. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen 

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Kebakaran lahan kebun kembali terjadi Bireuen, sekitar pukul 14.30 WIB, Selasa (27/07/2021). Kebakaran kali ini terjadi pada areal  lahan kebun pinggir jalan kabupaten dekat perbukitan di Gampong Blang Mee, Kutablang Bireuen.

Petugas dari lima Damkar Bireuen berjibaku memadamkan  api yang meluas dan menjulang tinggi. Informasi diperoleh Serambinews.com, awalnya warga melihat muncul api di lahan yang ditumbuhi ilalang tersebut.

Melihat kobaran api dan cuaca juga panas warga segera memberitahukan ke Pos Damkar Kutablang yang berjarak sekitar 4 KM arah timur lokasi kejadian.

Cepatnya laporan warga, kebakaran satu hamparan lahan yang ditumbuhi rumput ilalang yang sempat menimbulkan kobaran api setinggi pohon kelapa cepat dapat dipadamkan petugas, ujar seorang warga.

Puluhan anggota Damkar dari lima kendaraan silih berganti menyemprotkan air agar lahan yang sedang dilalap api padam.

Masmudi  (36) dan rekannya Khairul Imam (33) pengelola usaha kilang kayu atau usaha  ketam kayu mengatakan, mereka saat itu sedang berada di tempat ketam kayu tidak jauh dari lokasi kebakaran, mereka mengaku terkejut ada api muncul dalam seketika langsung membesar.

Baca juga: Tempat Usaha dan Warung di Banda Aceh Diizinkan Buka Hingga Jam 10 Malam, Forkopimda Perpanjang PPKM

Baca juga: Ketua MUI Labuhanbatu Utara Meninggal Dibacok Tetangga, Tangan Putus, Jenazah Ditemukan di Drainase

Baca juga: Ini Jawaban Plt RSUD Langsa Tanggapi Keluhan Nakes Tentang Insentif Penanganan Covid-19

Melihat api semakin membesar secepatnya Khairul Iman warga Blang Mee  bergegas menuju ke Pos Pemadam Kutablang untuk meminta bantuan.

"Belum tahu dari mana api tiba-tiba sudah besar, saya langsung ke pos Damkar Kutablang minta bantuan pemadam kebakaran," ujarnya.

Komandan Regu A Pos Kutablang, Ikhsan bersama anggota lainnya mengatakan, menerima laporan adanya kebakaran  mereka langsung mengerahkan dua mobil pemadam ke lokasi  sekaligus meminta bantuan ke Pos Induk Kota Bireuen, disusul tiga mobil pemadam.

Sampai dilokasi kobaran api sudah menyala sangat besar setinggi pohon kelapa tidak jauh dari kilang berada disebelah lokasi kebakaran. Petugas langsung melakukan pemadaman dan tidak lama api dapat dipadamkan.

Petugas Damkar Bireuen mengimbau dalam cuaca panas seperti ini dan rawan kebakaran lahan rumput kering agar jangan membuang puntung rokok sembarangan dipinggir jalan, apalagi di ilalang kering akan mudah terbakar.

"Cuaca panas, sedikit api misalnya  dari puntung rokok akan mudah terjadi kebakaran lahan, masyarakat hendaknya lebih waspada dengan api karena tanpa diduga menimbulkan kebakaran lahan," pesan Ikhsan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved