Breaking News:

Berita Aceh Timur

Panel Listrik Pompa PDAM Terbakar, Suplai Air Bersih ke Wilayah Peureulak Terhenti

Suplai air bersih dari PDAM Tirta Peusada wilayah Peureulak ke pelanggan sempat terhenti akibat panel listrik di bagian sumur intake rusak

Penulis: Seni Hendri | Editor: Muhammad Hadi
Dok PDAM Tirta Peusada
Panel listrik pompa sumur intake PDAM Tirta Peusada wilayah Peureulak terbakar yang menyebabkan suplai air ke pelanggan di wilayah Peureulak terhenti. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Suplai air bersih dari PDAM Tirta Peusada wilayah Peureulak ke pelanggan sempat terhenti akibat panel listrik di bagian sumur intake rusak.

"Panel listrik di sumur intake rusak terbakar akibat ditimpa pohon kayu pasca dilanda angin kencang Minggu (25/7/2021) sore sekitar pukul 18.00 WIB.

Akibatnya Minggu malam itu suplai air bersih ke wilayah kota Peureulak dan desa sekitarnya terhenti," ungkap Direktur PDAM Tirta Peusada Iskandar SH kepada Serambinews.com, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Kapolda Aceh Tanam Bawang Perdana di Indrajaya, Pidie

Karena panel listrik untuk suplai daya listrik ke pompa sumur rusak dan butuh beberapa hari untuk perbaikannya, dan peralatannya juga harus dibeli ke Medan.

Karena itu, ungkap Iskandar, sejak Senin malam tim teknis PDAM memasukkan pompa baru ke dalam sumur intake dengan daya listrik langsung tanpa panel.

Sehingga sejak Selasa pagi ini suplai air sudah mulai terdistribusikan ke pelanggan.

Baca juga: Ini Pejabat Punya 83 Gelar dan Dapat Rekor MURI, Dr Drs Ir SE SH ST MT M.Si MH M.Pd Ph.D + 72 Lagi

"Namun daya operasi pompa baru ini hanya sekitar 8 jam karena tidak ada panel, dan saat mesin panas terpaksa diistirahatkan 1-2 jam kemudian dihidupkan lagi," ungkap Iskandar.

Sementara perbaikan panel listrik untuk sumur intake tersebut butuh waktu beberapa hari baru selesai, agar pompa yang menggunakan panel tersebut dapat dioperasionalkan lagi sehingga distribusi air ke pelanggan normal kembali.

"Kami mohon maaf atas terganggunya distribusi air bersih karena faktor bencana alam. Insya Allah, kami akan terus bekerja di lapangan untuk memperbaikinya sehingga suplai air normal kembali," ujar Iskandar. (*)

Baca juga: Suami Ditugaskan Ke Papua, Istri Prajurit TNI : Saya Rela Demi Bangsa dan Negara

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved