Breaking News:

Gempa Alaska

Alaska Diguncang Gempa Magnitudo 8,2 Hari Ini, Peringatan Tsunami Dinyalakan

NTWC mengatakan pihaknya sedang mengevaluasi tingkat bahaya tsunami untuk wilayah pesisir Pasifik AS dan Kanada lainnya.

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Safriadi Syahbuddin

SERAMBINEWS.COM - Gempa bumi kuat bermagnitudo 8,2 pada Kamis (29/7/2021) telah mengguncang wilayah Semenanjung Alaska.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut berlokasi pada kedalaman 46,7 Km, sekitar 91 Km timur-tenggara wilayah Perryville, Alaska.

Di Alaska, Pusat Peringatan Tsunami Nasional (NTWC) mengeluarkan peringatan untuk bagian selatan Semenanjung Alaska dan wilayah pesisir Pasifik dari Hinchinbrook Entrance hingga Unimak Pass. 

Peringatan serupa juga dikeluarkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) untuk wilayah Hawaii dan Guam di Pasifik.

NTWC mengatakan pihaknya sedang mengevaluasi tingkat bahaya tsunami untuk wilayah pesisir Pasifik AS dan Kanada lainnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 8,2 magnitudo yang terjadi di Semenanjung Alaska berlangsung pada 28 Juli 2021 malam, tepatnya pukul 22.15 waktu setempat.

USGS menyebutkan, bahwa gempa itu merupakan gempa dangkal yang terjadi pada kedalaman 46,7 Km, dengan bujur 55.4742°LU dan 157.9173°W.

Baca juga: BREAKING NEWS - Gempa Bumi Berkekuatan M 8,2 Guncang Alaska Hari Ini

USGS pada awalnya melaporkan magnitudo gempa Alska jauh lebih rendah, yaitu magnitudo 7,3.

Tak lama berselang, USGS memperbarui data tersebut menjadi 8,2 pada kedalaman 46,7 Km.

Selain itu, USGS juga menerangkan, gempa yang terjadi di Semenanjung Alaska ini terjadi karena patahan dorong pada atau di dekat antarmuka zona subduksi antara Pasifik dan Utara piring Amerika.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved