Breaking News:

Info KPCPEN

Airlangga : Penanganan Covid-19 Menjaga Keseimbangan Keselamatan Jiwa Dengan Mata Pencaharian Rakyat

Menko Airlangga: Pemerintah mempertimbangkan semua aspek dalam mengambil keputusan untuk mengendalikan laju kasus COVID-19

Editor: Muhammad Hadi
Ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah sangat berhati-hati, menghitung secara cermat, dan mempertimbangkan semua aspek dalam mengambil keputusan untuk mengendalikan laju kasus COVID-19 

Menko Airlangga : Penanganan Pandemi Menjaga Keseimbangan Antara Keselamatan Jiwa Dengan Mata Pencaharian Rakyat

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah sangat berhati-hati, menghitung secara cermat, dan mempertimbangkan semua aspek dalam mengambil keputusan untuk mengendalikan laju kasus COVID-19.

“Pemerintah harus melihat situasi ini secara helicopter view, tidak bisa melihat secara parsial.

Jika hanya dilihat dari sisi kesehatan, kebijakan terkesan kurang tegas. Namun jika dilihat dari sisi ekonomi saja, kebijakannya terkesan terlalu membatasi,” kata Menko Airlangga seperti dilansir Antara, Kamis (29/7/2021)

Baca juga: 21,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Menko Airlangga: Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Begitu juga dengan keputusan untuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang relatif lebih ketat dibandingkan sebelumnya, terutama untuk wilayah dengan PPKM Level 4 yang membatasi berbagai mobilitas dan aktivitas masyarakat.

“Penanganan pandemi ini adalah menjaga keseimbangan antara aspek life atau keselamatan jiwa dengan aspek livelihood atau mata pencaharian masyarakat.

Pemerintah tetap mengutamakan penanganan kesehatan, namun juga tidak mengesampingkan aspek ekonomi masyarakat,” jelas Airlangga.

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengatakan angka kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia tercatat mengalami peningkatan, terutama karena ada varian Delta.

Baca juga: Menko Airlangga Jelaskan Sejumlah Faktor Untuk Mengerakkan Perekonomian Nasional Saat PPKM

Salah satu upaya pengendalian COVID-19 yang dilakukan pemerintah adalah mengakselerasi program vaksinasi agar segera tercapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Saat ini program vaksinasi telah mencapai 66,5 juta vaksinasi, yang terdiri atas dosis pertama sejumlah 46,7 juta dan dosis kedua sebanyak 19,8 juta dosis.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved