Breaking News:

Berita Aceh Besar

Sidang Game Chip Online Berlangsung Secara Virtual di Mahkamah Syar'iyah Jantho

8 (delapan) perkara yang disidangkan adalah 6 (enam) perkara jarimah Pemerkosaan terhadap anak dan 2 (dua) perkara jarimah maisir (perjudian)

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Mahkamah Syar'iyah Jantho kembali rutinitas pelayanan hukum bagi masyakat pencari keadilan dengan melaksanakan sidang perkara Jinayat secara elektronik di ruang sidang utama Mahkamah Syar'iyah Jantho, Kota Jantho, Aceh Besar, Senin (2/8/2021) 

SERAMBINEWS.COM - Mahkamah Syar'iyah Jantho kembali rutinitas pelayanan hukum bagi masyakat pencari keadilan dengan melaksanakan sidang perkara Jinayat secara elektronik di ruang sidang utama Mahkamah Syar'iyah Jantho, Kota Jantho, Aceh Besar, Senin (2/8/2021).

Implementasikan PERMA Nomor 4 Tahun 2020, Mahkamah Syar'iyah Jantho Laksanakan Sidang Jinayat Maisir Game High Domino dan sidang jinayat lainya secara Elektronik.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho melalui Humasnya Tgk Murtadha Lc menyampaikan bahwa bentuk wujud tindakan nyata untuk memutus mata rantai Covid-19, Mahkamah Syar'iyah Jantho melaksanakan sidang terhadap 8 (delapan) perkara Jinayat secara Elektronik menggunakan fitur Multi media Zoom Meeting.

Baca juga: Kesal Kalah Main Game Online, Ayah Aniaya Anaknya yang Masih Balita hingga Videonya Viral

Sidang tersebut dilaksanakan oleh Majelis Hakim, Penuntut Umum, dan Penasihat Hukum Terdakwa berada dalam ruang sidang utama Mahkamah Syar'iyah Jantho sedangkan Terdakwa terkoneksi secara virtual langsung dari Lembaga Pemasyarakatan Rumah Tahanan Klas II B Jantho.

Adapun jenis perkara dengan Klasifikasi dari 8 (delapan) perkara yang disidangkan adalah 6 (enam) perkara jarimah Pemerkosaan terhadap anak dan 2 (dua) perkara jarimah maisir (perjudian).

"Berhubung data persebaran Covid-19 skalanya masih fluktuatif, kita berupaya preventif menekan angka penularan Covid-19 dengan cara sebisa mengurangi kerumunan dengan melaksanakan sidang secara elektronik. Sampai sejauh ini sidang berjalan lancar tanpa kendala yang berarti." Terang Murtadha Lc.

Sidang yang dilaksanakan hingga pukul 17.30 WIB tersebut berjalan lancar tanpa hambatan karena ruang sidang Mahkamah Syar'iyah Jantho telah dilengkapi dengan perangkat dan koneksi yang memadai untuk melaksanakan sidang secara elektronik.

Baca juga: Sudah Empat Hari Nelayan Hilang di Laut Aceh Singkil Belum Ditemukan, Arah Pencarian Dialihkan

"Mahkamah Syar'iyah Jantho mengagendakan Sidang Jinayat sejak pukul 14.00 WIB, karena sejak pukul 09.00 WIB hingga menjelang zuhur diagendakan untuk persidangan perkara perdata.

Pada hari ini terdapat 11 (sebelas) perkara perdata dan 8 (delapan) perkara Jinayat yang disidangkan di Mahkamah Syar'iyah Jantho. Untuk perkara Jinayat dilaksanakan secara elektronik dengan mengacu pada Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik." Ujar Murtadha yang juga sebagai ketua Majelis yang bersidang.

Selain itu, Ketua Mahkamah Syar'iyah Jantho Siti Salwa SHI MH juga menghimbau bagi seluruh pihak yang terlibat dalam persidangan perdata maupun jinayat di Mahkamah Syar'iyah Jantho agar senantiasa mematuhi Protokoler Kesehatan, agar pelayanan kantor tetap maksimal kami laksakan.(*)

Baca juga: Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh: Jantho Jadi Pemda yang Memperhatikan Prosesi Persidangan Jinayat

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved