Breaking News:

Laut China Selatan

Komit Selamatkan Laut China Selatan, Amerika Serikat Ajak Indonesia Gelar Dialog Strategis

Kedua negara komit bekerja sama dalam upaya mempertahankan kebebasan navigasi di Laut China Selatan.... 

Editor: Eddy Fitriadi
Foto: Humas Kemlu
Menlu RI Retno Marsudi saat menyampaikan pernyataan dalam Debat Umum Sidang Pleno ke-67, Sidang Majelis Umum PBB yang berlangsung di Markas PBB, New York, AS, Kamis (20/5/2020). Amerika Serikat (AS) siap menggelar dialog strategis dengan Indonesia terkait masalah Laut China Selatan. 

SERAMBINEWS.COM - Amerika Serikat (AS) siap menggelar dialog strategis dengan Indonesia terkait masalah Laut China Selatan.

Hal itu ditegaskan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, Selasa (3/8/2021).

Kedua negara komit bekerja sama dalam upaya mempertahankan kebebasan navigasi di Laut China Selatan

Reuters yang melansir Departemen Luar Negeri AS memberitakan, dalam pertemuan di Washington, Blinken dan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi juga komit dalam upaya melawan Covid-19.

Di samping itu terkait krisis iklim serta meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi bilateral.

Indonesia adalah negara dan ekonomi terbesar di 10 anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), sebuah blok yang dilihat Washington sebagai kunci upayanya untuk menghadapi pengaruh China yang semakin besar di Asia.

Kedua pihak sepakat untuk membangun "kemitraan strategis" pada tahun 2015. Akan tetapi Blinken mengatakan kepada wartawan bahwa dialog baru sekarang benar-benar dimulai.

“Indonesia adalah mitra demokrasi yang kuat bagi Amerika Serikat; kami bekerja sama di banyak bidang yang berbeda,” katanya, seraya menambahkan bahwa Washington menghargai suara kuat Jakarta di ASEAN.

Retno mengatakan kepada Blinken bahwa kemitraan yang kuat dengan Indonesia akan menjadi aset utama untuk meningkatkan keterlibatan AS di kawasan ini.

Retno juga mengatakan, Amerika Serikat adalah salah satu mitra penting bagi ASEAN dalam menerapkan pandangan Indo-Pasifiknya.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved