Breaking News:

Prestasi Kinerja

Polres Aceh Barat Terima Penghargaan Kinerja Terbaik Terkait Pelaksanaan Anggaran

IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga pengelola APBN. Kualit

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala KPPN Meulaboh Kurniawan mengatakan IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga pengelola APBN. 

Laporan Sa'dul Bahri I Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Satuan Kerja (Satker) Polres Aceh Barat menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh sebagai satker dengan kinerja Pelaksanaan Anggaran terbaik semester I tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh Kepala KPPN Meulaboh, Kurniawan, dalam acara Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) semester I tahun 2021 dan Pemberian Apresiasi Kepada Satker dengan perolehan IKPA terbaik yang diselenggarakan secara virtual pada hari Senin tanggal 2 Agustus 2021 dan diikuti oleh seluruh pengelola keuangan lingkup wilayah kerja KPPN Meulaboh.

IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga pengelola APBN. Kualitas kinerja tersebut diukur dari 13 indikator yang dilihat dari sisi kesesuaian perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi.

Dua indikator utama dalam pelaksanaan anggaran adalah penyerapan anggaran dan output dari anggaran yang digunakan.

Nilai IKPA yang dicapai setiap satker mencerminkan kinerja keuangan satker dalam pengelolaan APBN yang angkanya berubah otomatis secara rutin sesuai pelaksanaan dan penggunaan anggaran di satker tersebut.

Pengukuran kinerja pelaksanaan anggaran diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja.

Personel Satlantas Polres Aceh Barat Tambal Badan Jalan Provinsi Pakai Pasir di Sawang Teube

Monev pelaksanaan anggaran dilaksanakan secara rutin setiap hari (day to day basis) terhadap perkembangan kinerja pelaksanaan anggaran satker melalui sistem OMSPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara).

OMSPAN adalah sistem monitoring APBN yang berbasis internet yang dapat diakses oleh seluruh pengelola keuangan satker pengelola APBN. Seluruh Kepala Kantor (Kuasa Pengguna Anggaran atau KPA) dapat memonitor langsung kualitas kinerja pelaksanaan anggaran di satkernya masing-masing.

Untuk semester I tahun 2021, KPPN Meulaboh memberikan penghargaan kepada satker-satker dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik yang dibagi dalam 3 kelompok, yaitu Satker dengan Pagu APBN kecil (sampai dengan 2 miliar), Pagu APBN sedang (2 s.d. 6 miliar) dan Pagu APBN besar ( di atas 6 miliar).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved