Breaking News:

JAMKESNEWS

Dinas Kesehatan Banda Aceh dan PDGI Aceh Dukung Perawatan Saluran Akar Gigi di FKTP

Salah satu kemudahan yang diwujudkan oleh BPJS Kesehatan yaitu memaksimalkan pelayanan Perawatan Saluran Akar (PSA) Gigi yang dapat diakses

Editor: IKL
For Serambinews.com

Dinas Kesehatan Banda Aceh dan PDGI Aceh Dukung Perawatan Saluran Akar Gigi di FKTP

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH, –BPJS Kesehatan terus memberikan kemudahan kepada pesertanya dengan tujuan untuk terwujudnya pelayanan prima sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan secara aman dan nyaman terutama dimasa pandemi saat ini.

Salah satu kemudahan yang diwujudkan oleh BPJS Kesehatan yaitu memaksimalkan pelayanan Perawatan Saluran Akar (PSA) Gigi yang dapat diakses di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tanpa harus dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) seperti rumah sakit.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Neni Fajar mengatakan Kota Banda Aceh adalah salah kota yang ditunjuk dari 13 kab/kota di Indonesia untuk melaksanakan uji coba PSA di FKTP yang akan dimulai pada bulan September 2021. Menurut Neni, jika uji coba ini berhasil maka nantinya akan dijadikan sebagai indikator bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan selanjutnya apakah dilanjutkan atau tidak untuk pelayanan tersebut.

Baca juga: KPPN Kota Banda Aceh Siap Dukung Akurasi Data dan Iuran JKN-KIS

“Tujuan uji coba ini yaitu untuk menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) 62/2015 Tentang Panduan Praktik Klinis Bagi Dokter Gigi dimana disebutkan bahwa perawatan saluran akar dapat dilakukan di FKTP pada kasus gigi dengan akar tunggal dan gigi akar ganda yang lurus dengan sudut pandang kerja pada orifice tidak terhalang,” kata Neni pada Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Sistem Pembayaran Pelayanan Tindakan PSA Gigi di FKTP Tahun 2021 pada Jum’at (7/8) di Banda Aceh.

Dihadapan Kepala Puskesmas dan Dokter Gigi Puskesmas se Kota Banda Aceh Neni menambahkan sistem pembiayaan atas PSA ini nantinya termasuk dalam pembayaran non kapitasi kepada FKTP.

“Sebelumnya kami juga telah menyampaikan sarana dan prasarana apa saja yang harus dipenuhi, dan kami rasa tidak terlalu berat, namun untuk selanjutnya kami akan mengirimkan kembali apa-apa saja sarana dan prasarana yang harus dipenuhi untuk disampaikan ke Bapak Kepala Dinas Kesehatan dan akan kita diskusikan lagi sehingga dapat dilaksanakan pada bulan September nanti tanpa kendala,” ucap Neni.

Lanjut Neni, rencananya untuk Puskesmas yang berada di Kabupaten Aceh Besar juga akan dilaksanakan uji coba ini namun sementara hanya dikhususkan untuk puskesmas yang terletak dekat atau berbatasan dengan Kota Banda Aceh.

Sementara itu, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Aceh, Eka Darma Putra menyatakan dukungannya terhadap uji coba pelaksanaan program PSA ini karena tujuannya adalah untuk membantu masyarakat yaitu memberikan kemudahan  sesuai dengan kompetensi dokter gigi di FKTP.

“Ini merupakan terobosan dalam perluasan aspek pelayanan sesuai dengan KMK 62/2015 dan juga merupakan salah satu peluang untuk menurunkan angka rujukan karena selama ini pelayanan kesehatan gigi paling banyak dirujuk ke rumah sakit. Kemudia puskesmas juga harus punya komitmen untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung hal ini,” jelas Eka.

Eka tidak lupa mengingatkan bahwa para dokter gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi tidak lupa mengutamakan safety dimasa pandemi dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman menyampaikan bahwa dalam melaksanakan uji coba ini semua puskesmas yaitu 11 puskesmas yang berada di Kota Banda Aceh harus melaksanakannya agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama.

“Saya dari Dinas Kota Banda Aceh sangat mendukung PSA ini untuk dilaksanakan di Kota Banda Aceh, namun untuk lancarnya uji coba tersebut, mohon bantuan PDGI untuk menghitung berapa sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk dipenuhi per puskesmasnya sehingga jika ada kekurangan dapat menjadi bahan masukan atau pertimbangan untuk pemenuhan sarana dan prasarana,” kata Lukman. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved