Breaking News:

Temukan Pola Pendidikan Terbaik di Masa Pandemi

Harian Serambi Indonesia edisi Ahad (8/8/2021) ke- marin mewartakan bahwa Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengimbau

Editor: hasyim
FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH
Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, didampingi Kadis Pendidikan Aceh, Alhudri, membuka sekaligus menjadi Keynote speaker pada webinar nasional pendidikan melalui zoom meeting di Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (7/8/2021). 

Harian Serambi Indonesia edisi Ahad (8/8/2021) ke- marin mewartakan bahwa Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengimbau para pemangku kebijakan di Aceh untuk menemukan pola pendidikan terbaik di masa pandemi Covid-19.

Berbicara didampingi Kadis Pendidikan Aceh, Alhudri, Nova Iriansyah menyampaikan harapan tersebut saat membuka sekaligus menjadi keynote speaker pada Webinar Nasional Pendidikan melalui zoom meeting di Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (7/8/2021).

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, kata Nova, bahwa institusi pendidikan di semua tingkatan terpaksa melaksanakan proses belajar mengajar secara daring (online). Perubahan pola mengajar ini tentu memaksa para pengajar untuk mampu dan mahir menggunakan teknologi. Bukan semata karena tuntutan era Revolusi Industri 4.0, tapi juga sebagai media pembelajaran, dengan menyiapkan materi yang relevan dan menarik sesuai keadaan.

Nah, sungguh menarik dan relevan apa yang disampaikan Gubernur Nova. Bahwa kita sedang berada di era Revolusi Industri 4.0 yang sedang menjadi buah bibir penduduk dunia. Namun, belum maksimal kita masuki dan manfaatkan era 4.0 ini, tiba-tiba kita berhadapan dengan pandemi yang menjungkirbalikkan premis-premis penting yang telanjur kita bangun untuk meningkatkan prestasi, derajat keilmuan, kesejahteraan, bahkan kebahagiaan yang kita ingin raih bersama. Selain sektor kesehatan dan ekonomi, sektor pendidik- an pun sangat merasakan dampak dari pandemi yang be- lum diketahui kapan akan berakhirnya ini.

Proses pembelajaran di kampus dan sekolah-sekolah kita paling tidak untuk satu semester ke depan masih tetap mengandalkan sistem daring. Oleh karena itu pula relevan dan penting kita cermati imbauan Gubernur Nova Iriansyah bahwa para pemangku kebijakan di Aceh perlu menemukan pola pendidikan terbaik di masa pandemi Covid-19.

Imbauan ini menantang sekaligus menjadi peluang bagi para pengambil kebijakan, termasuk kepala dinas pendidik- an dan kepada sekolah, untuk menemukan pola pendidikan yang terbaik di masa pandemi. Kata kuncinya adalah proses pembelajaran dapat terlaksana, tapi protocol kesehatan (pro- kes) tidak dilanggar. Jangan sampai sekolah menjadi tempat penularan Covid yang kini semakin banyak variannya.

Belajar dari sekolah-sekolah unggul, bahkan yang berkaliber internasional di Aceh, seperti Fatih Bilingual School, adalah salah satu solusi. Patut kita dalami dan adopsi pola pembelajaran di sekolah tersebut, mengingat sejak tahun pertama hingga tahun kedua pandemi, siswa siswi di Sekolah Fatih selalu mampu meraih kejuaraan dalam berbagai olimpiade internasional. Seolah tak ada pandemi sebagai kendala bagi siswa-siswi di sekolah tersebut dalam meraih prestasi di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Sangat mungkin, keunggulan sistem belajar me- reka yang adaptif dengan kondisi pandemi bisa kita tiru untuk menjawab apa yang diinginkan Gubernu Aceh bahwa para pemangku kebijakan di Aceh harus mampu me- nemukan pola pendidikan terbaik di masa pandemi. Semoga menjadi kenyataan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved