Breaking News:

Lifestyle

Mengenal Apa Itu Cibophobia Atau Fobia Makanan, Kenali Jenis, Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya 

Fobia atau phobia dicirikan sebagai ketakutan yang intens dan terus-menerus ketika dihadapkan pada hal-hal, orang, hewan, atau situasi tertentu.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
Tribun Travel
Ilustrasi cibophobia atau ketakutan berlebihan terhadap makanan. 

SERAMBINEWS.COM - Fobia atau phobia dicirikan sebagai ketakutan yang intens dan terus-menerus ketika dihadapkan pada hal-hal, orang, hewan, atau situasi tertentu, bahkan ketika ketakutan itu tidak rasional atau tidak realistis bagi orang lain.

Seseorang dengan jenis fobia apa pun sering mencoba menghindari hal atau situasi yang terkait dengan ketakutan itu, karena hal itu menyebabkan mereka sangat cemas dan tertekan.

Cibophobia adalah jenis fobia yang aneh dari rasa takut akan makanan.

Fobia ini sering disalahartikan dengan anoreksia, yang sebenarnya adalah gangguan makan di mana seseorang khawatir tentang efek makanan pada citra tubuh seperti penambahan berat badan.

Cibophobia membuat seseorang menjadi cemas dengan melihat makanan itu sendiri.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang dengan jenis gangguan makan tertentu juga dapat mengembangkan cibophobia atau kondisi terkait yang disebut choking phobia, di mana seseorang takut menelan makanan karena takut tersedak.

Baca juga: Tak Biasa, 5 Artis Ini Miliki Fobia Aneh, Ada yang Takut Kerupuk

Apa Penyebab Cibophobia?

Melansir dari laman Boldsky pada Senin (9/8/2021), penyebab pasti cibophobia, seperti jenis fobia lainnya, masih belum diketahui.

Namun, teori dan studi  tertentu mengatakan bahwa fobia biasanya berkembang ketika objek atau situasi tertentu digabungkan dengan episode pengalaman emosional atau trauma emosional.

Misalnya, ketika seseorang dipaksa untuk makan makanan tertentu yang tidak disukainya, hal itu dapat memicu rasa takut akan makanan di dalamnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved