Breaking News:

Berita Langsa

Refleksi 16 Tahun MoU Helsinki, Begini Tanggapan Ketua Forum Pemuda Aceh 

Menurut Sayed, sejarah mencatat sangat jelas kedua pihak saat itu sepakat dan tegas berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan cara terhormat

Penulis: Zubir | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Ketua FPA, Sayed Alatas 

Menurut Sayed, sejarah mencatat sangat jelas kedua pihak saat itu sepakat dan tegas berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan cara terhormat untuk semua pihak dengan damai, menyeluruh dan berkelanjutan. 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Momentum penandatanganan perjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Republik Indonesia 15 Agustus 2005 silam, merupakan era baru untuk masa depan Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Forum Pemuda Aceh (FPA), Sayed Alatas, kepada Serambinews.com, Kamis (12/8/2021).

Menurut Sayed, sejarah mencatat sangat jelas kedua pihak saat itu sepakat dan tegas berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan cara terhormat untuk semua pihak dengan damai, menyeluruh dan berkelanjutan. 

Hal itu tentunya untuk membangun rasa saling percaya dan wujud dari komitmen kedua pihak, agar dapat tercapai keberhasilan perdamaian dan membangun Aceh pascakonflik serta bencana tsunami.

"Terbukti keseriusan kedua pihak dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman atau melalui MoU Helsinki tanggal 15 Agustus 2005 silam itu," sebut Sayed. 

Dalam nota kesepahaman itu, tambah Sayed, merinci prinsip-prinsip untuk memandu proses transformasi untuk Aceh maju bermartabat dalam hal politik, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan.

Namun, Sayed Alatas menilai momen paling krusial untuk kemajuan Aceh bermartabat itu dikhianati para pemangku kepentingan saat ini, sehingga tidak terbantahkan fakta-fakta stigma Aceh miskin kini.

Baca juga: 16 Tahun Perdamaian Aceh, Dandim Ajak Masyarakat Aceh Tamiang Jaga MoU Helsinki

Pengelolaan dana otonomi khusus yang tidak tepat sasaran, pertumbuhan ekonomi masyarakat terkesan lamban dan seadanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved