Breaking News:

Aminullah Jadi Narasumber Nasional STBM Kemenkes, Kick Off Meeting GERMAS

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didapuk sebagai narasumber dalam kegiatan Kick off Meeting Rencana Aksi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Editor: bakri
PROKOPIM SETDAKO BANDA ACEH
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, sedang memaparkan materi dalam kegiatan Kick off Meeting Rencana Aksi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Melalui 5 Pilar STBM Tahun 2021- 2030 yang diselenggarakan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kamis (12/8/2021), secara virtual di Pendopo. 

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didapuk sebagai narasumber dalam kegiatan Kick off Meeting Rencana Aksi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Melalui 5 Pilar STBM Tahun 2021-2030 yang diselenggarakan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Acara dilaksanakan secara virtual melalui Zoom App. Wali Kota mengikuti langsung dari Pendopo didampingi Kadis Kesehatan, Lukman, dan Kabag Prokopim, Said Fauzan.

Kegiatan dibuka oleh Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, drg Kartini Rustandi MKes.

Selain Aminullah, sharing session diisi pula oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Tuwuh.

Dalam kesempatannya, Aminullah turut membagikan pengalaman pembelajaran baik dalam pelaksanaan kegiatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang disaksikan seribuan peserta meeting.

Wali Kota Banda Aceh itu menguraikan lengkap terkait upaya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, yang merupakan salah satu upaya penting dalam mewujudkan kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan visi, dan misi kami poin nomor empatnya, yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu ini menjadi fokus kami dalam pembangunan di Banda Aceh,” ujarnya.

Dikatakan, Banda Aceh sudah mencapai 5 Pilar STBM yang mencakup stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir, pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAM-RT), pengelolaan Sampah Rumah Tangga, dan pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Dalam meningkatkan pelayanan di bidang kebersihan kota kita telah memberikan nomor call center. Bahkan nomor pribadi saya, jadi langsung kepada wali kota pun boleh dilaporkan. Maka kebersihan kota itu betul-betul kita rasakan,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan kegiatan STBM di Banda Aceh.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved