Breaking News:

Berita Aceh Tengah

225 Penghuni Rutan Takengon Terima Remisi Umum 17 Agustus 2021

Sebanyak 225 orang narapidana dan anak Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Takengon, mendapat remisi umum 17 Agustus 2021

Penulis: Mahyadi | Editor: Muhammad Hadi
Dok Humas Rutan Kelas II B Takengon
Proses penyerangan remisi umum untuk 225 narapidana dan akan di Rutan Kelas II B Takengon, Aceh Tengah, Selasa (17/8/2021) 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Sebanyak 225 orang narapidana dan anak Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Takengon, mendapat remisi umum 17 Agustus 2021.

Ratusan penghuni Rutan yang mendapat remisi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM, Nomor PAS-870.PK.01.05.06 Tahun 2021 tentang pemberian Remisi Umum (RU).

Dua orang narapidana langsung bebas setelah mendapat remisi.

Sementara itu, pembagian remisi berdasarkan tindak pidana, untuk narkotika 121 orang, pencurian 23 orang, perlindungan anak 55 orang, KDRT 2 orang serta pidana umum lainnya sebanyak 24 orang.

Baca juga: 201 Warga Binaan Permasyarakatan Kelas IIB Bener Meriah Terima Remisi

Sedangkan pembagian remisi berdasarkan perolehan, untuk remisi satu bulan diberikan kepada 32 orang, untuk remisi dua bulan diberikan kepada 34 orang.

Kemudian untuk remisi tiga bulan diberikan kepada 43 orang, untuk remisi empat bulan diberikan kepada 48 orang, untuk remisi lima bulan diberikan untuk 65 orang dan untuk remiisi enam bulan diberikan untuk 3 orang.

Plt Kepala Rutan Kelas II B Takengon, Husni, kepada Serambinews.com, mengatakan, narapidana yang mendapat remisi harus memenuhi beberapa ketentuan diantaranya telah menjalani pidana lebih dari enam bulan.

Baca juga: Pencari Sarang Walet Jatuh ke Jurang Ternyata Baru Menikah 5 Bulan, Ini Aktivitas Sehari-hari

“Termasuk juga berkelakuan baik, dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir,” jelas Husni.

Selanjutnya, sebut Husni, bagi narapidana narkotika dengan hukuma diantas lima tahun wajib melampirkan surat Justice Colaborator (JC) atau surat keterangan bekerjasama dengan penegak hukum untuk membongkar perkaranya.

Baca juga: 5 Orang yang Potong Kepala Gajah di Aceh Timur Ditangkap, Ini Peran Mereka Hingga Dijual Ke Bogor

“Sedangkan untuk narapidana tindak pidana korupsi, juga wajib melampirkan surat JC, serta membayar denda dan uang pengganti  sesuai dengan putusan Pengadilan.

Jadi, para narapidana yang mendapat remisi umum 17 Agustus, semua sudah memenuhi ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Prosesi penyerahan remisi umum 17 Agustus 2021 di Rutan Kelas II B Takengon, dilaksanakan di aula rutan.

Selain para pejabat rutan, penyerahan remisi juga dihadiri oleh Kadis Sosial, Aceh Tengah, Aulia Putra mewakili Bupati Shabela Abubakar, serta berapa perwakilan dari Forkopimda setempat. (*)

Baca juga: 311 Napi LP Kelas IIA Lhokseumawe Terima Remisi, Satu Diantaranya Langsung Bebas

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved